Senin, 10 Februari 2014

1 Busway Cina Rp 4 Milyar tapi Bekas dan Berkarat?


1 Busway Cina Rp 4 milyar tapi bekas dan berkarat?
Padahal Bis Mercy dan Hino yang kualitasnya lebih bagus harganya kurang dari Rp 2 milyar.
Korupsi sih korupsi. Tapi jangan kelewatan... 
KPK hendaknya bertindak.
Jika terbukti korupsi, hukum mati saja. Dan sita rumah dan mobil mewah para koruptor tsb...

http://infozaman.blogspot.com/2013/11/1-busway-cina-rp-4-milyar.html

Saat ini, ada 90 unit bus gandeng yang dinyatakan siap jalan. Namun dari penelusuran Tempo, bus-bus asal Cina tersebut rupanya banyak yang rusak. 
Karat-karat ini, kata pegawai itu, menyebabkan pengoperasian bus menjadi tidak maksimal. Misalnya mesin jadi sulit distater, AC tidak dingin, mesin jadi cepat panas. " Ini mengapa kemarin begitu selesai diluncurkan, besoknya tak bisa dioperasikan," ujarnya.(lihat foto:30 Unit Bus TransJakarta Didatangkan dari Cina)
Selain itu penyakit yang kerap muncul adalah fanbelt dari Transjakarta yang mudah putus. Akibatnya mobil sering mogok atau AC hanya keluar angin. "Padahal bus baru beli tapi kondisinya udah kaya bus tua," katanya.
http://id.berita.yahoo.com/busway-baru-jokowi-onderdil-rusak-mesin-berkarat-232844643.html

Busway Baru Jokowi dari Cina Barang Bekas? 
Saat ini sudah ada 90 unit bus gandeng yang siap berjalan. Hanya, berdasarkan penelusuran Tempo di lapangan, ditemukan fakta bahwa bus-bus asal Cina tersebut banyak yang rusak. 
"Masak baru diluncurkan besok paginya banyak yang tidak operasi," kata salah seorang pegawai senior di Unit Pengelola Transjakarta kepada Tempo beberapa waktu lalu. Menurut dia, onderdil di dalam bus tersebut banyak yang rusak.

http://www.tempo.co/read/news/2014/02/10/083552625/Busway-Baru-Jokowi-dari-Cina-Barang-Bekas


Ahok: Karat di Bus Segede Gajah Tak Terlihat? Gila!

"Masa sudah karatan barang segede gajah begitu enggak kelihatan? Kan gila," ujar Basuki.
Secara terpisah, Direktur PT San Abadi Indra Krisna mengatakan, berkaratnya beberapa komponen transjakarta disebabkan cuaca buruk saat pengapalan. Pengiriman bus dari China sedianya memakan waktu dua pekan. Akibat cuaca buruk, pengirimannya molor menjadi 6 pekan.
http://www.tribunnews.com/metropolitan/2014/02/10/ahok-karat-di-bus-segede-gajah-tak-terlihat-gila


Pengamat: Tidak Mungkin Transjakarta Berkarat Karena Dikirim Lewat Laut
Suhari menjelaskan bahwa pengiriman bus-bus tersebut melalui jalur laut tidak terlalu berpengaruh terhadap mesin yang ada di dalam bus. Pasalnya, selain terletak di dalam kapal laut, mesin bus tersebut juga dilapisi oleh body dari bus.
Sehingga, air laut tidak akan membuat mesin terkena korosi. "Itu sangat tidak mungkin kena korosi karena ada di dalam kapal. 
Kemudian, dia menambahkan bahwa setiap pengiriman mobil build up tidak memakai lilin untuk mencegah erosi. Menurutnya, cukup diberikan plastik agar air tidak masuk ke dalam body ataupun mesin mobil. Sehingga, sangat tidak mungkin kalau ratusan bus TransJakarta itu terkena korosi air laut. "Yang kena itu kapalnya karena bersentuhan langsung dengan air laut. Kalau untuk busnya sendiri saya rasa tidak mungkin," tuntasnya.


Baru Beroperasi, Bus Sudah Berkarat
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku meminta bantuan aparat hukum untuk menyelidiki seperti Kejaksaan Tinggi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan polisi. Penemuan armada bus Transjakarta dan BKTB yang rusak membuat mantan Bupati Belitung Timur ini kecewa. Dia menyayangkan jajarannya memilih produk dari China.

Padahal masih banyak produk lain lebih teruji dan berkualitas seperti Mercedes Benz, Scania, dan Volvo. Tidak terlibat perusahaan automotif dari Eropa itu disinyalir ada unsur kesengajaan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta selaku pelaksana teknis pengadaan barang tersebut. 
http://www.koran-sindo.com/node/366443

Basuki Curiga Ada Oknum Dishub Disogok Terima Bus Karat
http://megapolitan.kompas.com/read/2014/02/10/1147424/Basuki.Curiga.Ada.Oknum.Dishub.Disogok.Terima.Bus.Karat

1 komentar:

  1. Kalau barang kualitasnya bagus terkena air laut saja karatnya tdk akan sperti itu..... Dari kondisi karat mobil menurut saya pengirimannya lewat bawah laut.............

    BalasHapus