Iklan 2

Selasa, 27 Mei 2008

Universitas Mana yang Baik dan Murah?

Dengan program Privatisasi/Swastanisasi Perguruan Tinggi Negeri, jika dulu untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri cukup murah (tahun 1998 uang masuk dan semester sekitar Rp 200 ribu), maka sekarang uang masuknya saja bisa mencapai Rp 5-25 juta. Belum uang semester yang bisa mencapai Rp 7,5 juta. Jadi jika anda kuliah S1 selama 4 tahun, anda bisa mengeluarkan sampai Rp 85 juta. Jika anda punya 4 anak yang kuliah, biaya kuliah anak anda total Rp 180 juta. Cukup buat modal bikin perusahaan! Bahkan di Kompas disebut biaya masuk PTN sampai Rp 100 juta.


Lalu bisakah orang miskin kuliah? Ada fasilitas beasiswa (penuh atau sebagian) dengan syarat memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dari RT/RW dan diutamakan dari Keluarga Miskin. Tapi jika anda merasa sebagai calon pemimpin dan punya harga diri mungkin hal itu kurang menarik.



Jika memang PTN sudah tidak terjangkau lagi, banyak alternatif lainnya. Misalnya di Bina Sarana Informatika (ini bukan iklan) uang masuk hanya Rp 800 ribu hingga 1,25 juta. Sementara biaya kuliah hanya Rp 980 ribu/semester. Dalam 3 tahun kuliah anda cukup mengeluarkan Rp 7 juta saja. Lihat informasinya di:


http://bsi.ac.id


Memang hanya ada program D3, tapi itu cukup untuk membuat anda bisa bekerja untuk kemudian melanjutkan ke S1 di Universitas lain. Beberapa lulusan BSI yang saya kenal terbuktibisa bekerja di Citibank, Stanchart, BPPOM, dan sebagainya.


Bagaimana kalau mutu kuliah dan gurunya kurang bagus? Kualitas pendidikan bukan hanya tergantung dosen, materi, dan fasilitas, tapi yang paling utama adalah kemampuan akademis mahasiswanya. Jika mahasiswanya bodoh, kuliah di universitas terbaik tetap saja bodoh dan bisa DO. Sebaliknya mahasiswa yang cerdas bisa belajar bukan hanya dari dosen, tapi juga dari internet.


Lewat internet, anda bisa mendapatkan berbagai ilmu atau materi kuliah dari ilmuwan/universitas terbaik. Anda bisa mencari materi lewat mesin pencari seperti Google.com atau berdiskusi dengan para pakar lewat milis khusus.


Untuk Teknologi Informasi (TI), anda bisa belajar/diskusi masalah TI dengan mengirim email ke mifta-perjuangan-subscribe@yahoogroups.com


Bisa juga anda mengikuti kuliah di eUniversity yang diasuh oleh Pakar TI, Romi Satria Wahono, yang beberapa muridnya telah mendapat penghargaan kelas dunia dengan biaya terjangkau di:


http://university.romisatriawahono.net

Jika misalnya biaya di Fakultas Kedokteran sangat mahal dan mencapai ratusan juta rupiah, anda bisa mengambil kursus bekam/hijamah dengan biaya Rp 500 ribu saja. Gelar mungkin tidak ada, tapi anda bisa buka praktek dan dapat menyembuhkan penderita penyakit darah tinggi, stroke, dan jantung dengan lebih cepat, murah, dan memuaskan. Biaya bekam/orang saat ini Rp 50.000/orang. Dalam satu jam anda bisa membekam 3 orang atau mendapat Rp 150 ribu/jam. Bayangkan dalam sebulan anda bisa mendapat Rp 20 juta/bulan! Info tentang Bekam bisa anda lihat di:


http://media-islam.or.id/2008/12/02/pengobatan-ala-nabi-thibbun-nabawi/

Jadi meski biaya PTN tidak terjangkau tetap optimis.


Alternatif Perguruan Tinggi murah lainnya adalah dengan ikatan dinas seperti:


Dari Johan Romadhon di milis LISI:

Saya baru terpikir untuk keliling ke seluruh perwakilan kantor pemerintah yang ada di kota Semarang dan bertanya ttg PT Kedinasan yang mereka punyai. Dalam daftar saya waktu itu:

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara - Ikatan Dinas) http://www.stan.ac.id
2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik - Ikatan Dinas) http://www.stis.ac.id
3. AKIP (calon sipir Akademi Ilmu Pemasyarakatan) http://www.akip.ac.id
4. BPLP (punya Dephub, yang membawahi AIP, P3B, Curug - Penerbangan)
5. Akademi DLLAJ
6. Akademi Agraria
7. Akademi Meteorologi dan Geofisika
8. Akademi-Akademi Kesehatan di bawah DepKes
9. PATIGAT (Gajah Tunggal)
10. Poltek SIEMENS

Tambahan: Perguruan Tinggi yang murah lainnya adalah STIS (Statistik) di jalan Otista Raya Jakarta Timur

Bagi yang memiliki informasi Universitas mana yang baik dan murah, entah di dalam atau luar negeri (misalnya India), silahkan beri komentar di:


http://infoindonesia.wordpress.com


Beri informasi:


Nama Universitas:


Lokasi:


Program (D3/S1):


Uang Masuk:


Uang Semester


Web Site:


Referensi:


http://www.profilptn-pts.com/saran-mempersiapkan-biaya-kuliah


http://www.suarapembaruan.com/News/2008/02/08/index.html



http://www.ui.edu/page/biaya-program-sarjana-reguler-id.html


Biaya Program Sarjana Reguler


Biaya Pendidikan
Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa yang diterima melalui seleksi PPKB, SNMPTN dan UMB adalah sama, ditetapkan dengan memperhatikan kemampuan penanggung biaya pendidikan.
















Jalur Penerimaan



Daya Tampung



BOP (per semester)



Uang Pangkal (semester 1 tahun 1)


PPKB

450


Disesuaikan dengan penghasilan penanggung biaya pendidikan :


  • Utk IPA Rp 100.000 s.d Rp 7.5 juta

  • Utk IPS Rp 100.000 s.d 5 juta


 

Rp 25 jt (FK, FKG, FT, Fasilkom)
Rp 10 jt (FE, FISIP, FH, FPSI)
Rp 5 jt (FKM, FIK, FMIPA, FIB)


Tersedia fasilitas Beasiswa


 

SNM-PTN

900


UMB

3318


 

Ditambah DKFM Rp. 100.000 per semester dan DPP Rp 600.000 sekali saja disemester 1 tahun

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/12/07453547/biaya.masuk.ptn.bisa.rp.100.juta.lebih

Biaya Masuk PTN Mencapai Rp 100 Juta Lebih


Kompas, Senin, 12 Mei 2008 | 07:45 WIB


JAKARTA, SENIN - Biaya masuk perguruan tinggi negeri bisa mencapai angka di atas Rp 100 juta, sementara setiap semester dapat mencapai Rp 70 juta. Tingginya biaya tersebut semakin memperkecil akses masuk ke pendidikan tinggi.


Demikian benang merah persoalan menyangkut biaya masuk perguruan tinggi negeri yang didapatkan Kompas dalam pencarian selama sepekan terakhir, mulai dari Jakarta (DKI Jakarta), Semarang (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Surakarta (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), hingga Makassar (Sulawesi Selatan).


Besarnya biaya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) bergantung pada program yang diambil serta bidang ilmu yang dipilih. Program tersebut beragam dan berbeda antara satu PTN dan PTN lain. Bahkan, ada PTN yang membuka program internasional. Pada program ini, mahasiswa membayar biaya berlipat-lipat dibandingkan program reguler pada setiap semesternya.


Bagi para calon mahasiswa yang gagal masuk melalui program S-1 reguler lewat Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), hampir semua PTN yang dihubungi memiliki program non-SNMPTN. Biaya masuk program non-SNMPTN ini lebih tinggi dibandingkan jalur SNMPTN. Program non-SNMPTN ini pun berbeda antara satu PTN dan PTN lain, bahkan ada yang memiliki lebih dari lima program.


Bandingkan dengan biaya kuliah di National University of Singapore yang biayanya berkisar 9.540 dollar-27.350 dollar Singapura atau di Universitas Kebangsaan Malaysia yang memasang biaya 1.167 ringgit hingga 1.500 ringgit Malaysia.


http://bem.ui.edu/v1/?p=32#more-32


KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS INDONESIA TENTANG BIAYA PENDIDIKAN


MAHASISWA BARU UNIVERSITAS INDONESIA PROGRAM SARJANA REGULER


TAHUN AKADEMIK 2008/2009


”………..


Beasiswa Universitas


Pasal 6


Beasiswa Universitas dapat diberikan kepada mahasiswa Program Sarjana Reguler yang memerlukan dan memenuhi syarat sesuai ketentuan yang berlaku.


Bentuk Beasiswa Universitas


Pasal 7


(1) Mahasiswa yang memenuhi persyaratan, dapat memperoleh Beasiswa Universitas, dalam bentuk:


a. Pembayaran Biaya Pendidikan (BP)dengan angsuran;


b. Pemberian sebagian Uang Pangkal (UP) dari yang harus dibayarkan.


(2) Pemberian Beasiswa Universitas sesuai ayat (1) hanya berlaku untuk jangka waktu 1 (satu) semester.


(3) Keputusan Pimpinan Fakultas atas pemberian Beasiswa Universitas berlaku berjalan dan bersifat final.”


Persyaratan Untuk Mendapat Beasiswa Universitas


Pasal 8


Bagi mahasiswa yang memerlukan Beasiswa Universitas, wajib menyerahkan Surat Pernyataan penanggung Biaya Pendidikan (BP) di atas meterai secukupnya tentang penjelasan alasan permohonan disertai bukti-bukti pendukung sebagai berikut:


1. Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW domisili penanggung Biaya Pendidikan (BP) diketahui oleh Lurah/Kepala Desa setempat, diutamakan yang memiliki Kartu Gakin;


2. Surat Keterangan Penghasilan Total/Slip Gaji penanggung Biaya Pendidikan (BP) bagi yang bekerja di sektor formal (instansi pemerintah atau swasta). Ketentuan Slip Gaji ini tidak berlaku bagi orang tua yang bekerja di sektor informal usaha sendiri yang tidak memiliki Slip Gaji;


3. Menyerahkan fotokopi NPWP (bagi yang memiliki);


4. Fotokopi rekening listrik (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan (BP) 3(tiga) bulan terakhir;


5. Fotokopi rekening telpon (tempat tinggal penanggung Biaya Pendidikan(BP) 3(tiga) bulan terakhir;


6. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP penanggung Biaya Pendidikan (BP) yang masih berlaku;


7. Fotokopi Kartu Keluarga dan fotokopi KTP orang tua/wali yang masih berlaku;


8. Fotokopi Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan Pajak Bumi dan Bangunan penanggung Biaya Pendidikan (BP);


9. Surat pernyataan bermeterai cukup dari tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi penanggung Biaya Pendidikan (BP) mahasiswa dilengkapi fotokopi identitas diri; dan


10. Syarat-syarat lain yang ditetapkan oleh Pimpinan Fakultas masing-masing.


Prosedur Untuk Mendapatkan Beasiswa Universitas


Pasal9


1. Mahasiswa mengisi formulir permohonan Beasiswa Universitas dan melengkapi persyaratan sesuai Pasal8.


2. Seluruh dokumen yang disyaratkan sesuai dengan ayat (1) di atas diserahkan kepada Manajer Kemahasiswaan atau pejabat yang ditunjuk oleh Pimpinan Fakultas sebelum periode registrasi administrasi dimulai.


3. Permohonan pada ayat (1) di atas akan dipertimbangkan dan ditetapkan bentuk beasiswanya oleh Pimpinan Fakultas setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan wawancara.


4. Jangka waktu permohonan, penetapan, dan pemutakhiran data Biaya Pendidikan (BP), selambat-lambatnya diselesaikan dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sebelum jadwal registrasi administrasi berakhir.


5. Jadwal registrasi administrasi, mengikuti ketentuan Kalender Akademik Universitas untuk tahun akademik berjalan.


oleh: Resa (Kominfo BEM UI, dikutip dari www.ui.edu)

113 komentar:

  1. Al-Faqir Cahyo27 Mei 2008 21.23

    Kemarin Saya berkunjung ke Universitas AlZaytun (UAZ) Indramayu, biayanya sangat murah sekali dengan kualitas yang sangat bagus menurutku, uang masuk hanya 1,5 juta untuk semua fakultas, biaya pertahun /bukan persemester sangat murah berkisar 5,75juta (utuk fakultas bahasa terpadu) hingga 10,25 juta (untuk fakultas kedokteran), adapun biaya pemondokan, makan, dan lain-lain, semuanya 850ribu perbulan. fasilitasnya juga sangat lengkap dan mewah, terutama fakultas pertanian terpadu, mahasiswanya dipinjamkan lahan untuk diolah yang keuntungannya buat sendiri, ini sangat bagus bung! Menurutmu gimana?

    BalasHapus
  2. mending kuliah di luar negri aja langsung. biaya segitu mah mendingan kul di luar. dah dapat ijazah luar ... dapat liburan n belajar mandiri disana.
    fyi, di australia, pelajar dapat bekerja 20 jam/minggu ... gaji jaga counter misalnya perjam cukup oke .. rata2 11-15AU$ (1 AUD = Rp 8900,00)
    nah gaji ini bisa dipake untuk biaya hidup selama disana ... mepet sih...

    untuk uang pangkal di luar negri tidak ada .. jadi 100 jt bisa dipake buat kuliah 1 thn ;)

    kalo di china lebih murah lagi kale hehehe ...
    atau yg deket2 sini .. malaysia ? :)

    BalasHapus
  3. Untuk masalah biaya biasanya sebanding dengan apa yang di berikan Universitas tersebut, mungkin sebagai referensi UNiversitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta bisa menjadi rujukan, dengan biaya hidup di Jogja yang terkenal murah dan biaya pendidikan yang terjangkau dengan fasilitas yang sangat komplit, http://www.uii.ac.id, http://portal.uii.ac.id

    BalasHapus
  4. Salam dari Negeri Hindustani ....

    Saya adalah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di India, tepatnya di Negara Bagian Uttar Pradesh di Kota Aligarh. Saya kuliah di Aligarh Muslim University program S1 Economics titelnya BA (Hons), sekedar informasi tentang biaya kuliah disini, Tution Fee: USD 750
    COSD/ uang pengembangan kampus: USD 175
    Application form : USD 14
    Jadi Total biaya: USD 939, dan tidak ada biaya kuliah lainnya lagi selama tiga tahun pendidikan. Jumlah uang total itu adalah biaya kuliah di Aligarh sampe selesai.

    Nama Universitas: Aligarh Muslim University
    Lokasi: Negara bagian Uttar Pradesh, kota Aligarh
    Uang Masuk: Tidak ada
    Uang Semester: Tidak ada, di Aligarh uang kuliah hanya di bayar satu kali untuk 3 tahun pada awal pendaftaran sebesar USD 939.
    Web Site: www.amu.ac.in


    Sukses selalu

    Salam dari Hindustan

    BalasHapus
  5. Terimakasih atas informasinya pak Cahyo.
    Tanpa ingin mengundang polemik lebih jauh (cukup sampai di sini), saya lampirkan sedikit kontroversi berita media massa tentang Pesantren Al Zaytun di Indramayu. Kita serahkan saja pada pembaca untuk menilainya.

    Selain Al Zaytun bagaimana? Apa ada Universitas yang Baik DAN Murah? Baik di dalam atau di luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk adik-adik kita yang ingin melanjutkan pendidikan mereka setelah SMU.

    ==
    Berita tentang Al Zaytun:
    http://www.liputan6.com/politik/?id=32739
    Persoalan keberadaan pondok pesantren yang didirikan sejak 1993 mencuat menyusul kedatangan sejumlah orang tua sejumlah santri ke Markas Besar Polri, 2 April silam. Mereka meminta Polri menyelidiki pasantren tersebut mengingat anak mereka berkelakuan aneh, yakni lebih berani melawan. Selain itu, anak-anak mereka sudah tak pernah menjalankan sembahyang lima waktu. Pengaduan serupa juga terjadi di sejumlah daerah lain.
    ===
    http://www.gatra.com/2002-04-20/artikel.php?id=17031
    Kendati demikian, Ketua Umum MUI ini mempertanyakan sikap pihak pengelola Al-Zaitun ihwal ketidakterbukaan mengenai sumber perolehan dana untuk pengembangan pesantren tersebut.

    "Sorotan yang tajam terhadap Al-Zaitun itu sebetulnya terletak pada perolehan sumber dana. Dari mana mereka (Al-Zaitun) memperoleh dana yang begitu besar. Karena itu, pihak Al-Zaitun sebaiknya memberi penjelasan kepada masyarakat (menyangkut sumber dana) agar tidak lagi menimbulkan fitnah," katanya.
    ===
    http://www.gatra.com/artikel.php?pil=23&id=32256
    Tapi, Tim MUI yang dipimpin KH Ma'ruf Amin berpendapat sebaliknya. Konsep zakat fitrah dan kurban ala Al-Zaytun dianggap menyimpang dari syariat Islam. Lebih jauh, temuan MUI yang dipaparkan Februari lalu ini menyatakan adanya indikasi kuat hubungan antara Al-Zaytun dan NII KW IX. Hubungan tersebut bersifat historis, finansial, dan kepemimpinan.

    BalasHapus
  6. masuk itb aja lewat spmb..
    itb menjamin tidak akan mengeluarkan mahasiswa karena tidak mampu.. karena ada subsidi silang dari yang usm.. bisa tuh kuliah tanpa biaya..

    BalasHapus
  7. Memang benar, ada beasiswa utk anak yg berasal dari keluarga miskin. Syarat beasiswa adlh melengkapi surat keterangan tdk mampu dari pemerintahan setempat.

    Masalahnya, standart kriteria 'orang miskin' menurut versi pemerintah adlh sangat jauh sekali dari standart kemiskinan secara real.
    Orang yg disebut miskin (menurut pemerintah) antara lain : Tidak punya televisi, ukuran rumah hanya 4x4, tidak punya kendaraan bermotor, tidak punya usaha/pekerjaan tetap, dll dsb.

    Jadi, tukang ojek, pedagang dipasar, tukang sate, hansip, dan pekerja kecil lainnya, menurut versi pemerintah tidak termasuk dalam golongan orang miskin!!
    Apakah golongan masyarakat spt ini sanggup membayar biaya kuliah??

    BalasHapus
  8. Dari Johan Romadhon di milis LISI:

    Saya baru terpikir untuk keliling ke seluruh perwakilan kantor pemerintah yang ada di kota Semarang dan bertanya ttg PT Kedinasan yang mereka punyai. Dalam daftar saya waktu itu:

    1. STAN
    2. AIS
    3. AKIP (calon sipir)
    4. BPLP (punya Dephub, yang membawahi AIP, P3B, Curug - Penerbangan)
    5. Akademi DLLAJ
    6. Akademi Agraria
    7. Akademi Meteorologi dan Geofisika
    8. Akademi-Akademi Kesehatan di bawah DepKes
    9. PATIGAT (Gajah Tunggal)
    10. Poltek SIEMENS

    Tambahan: Perguruan Tinggi yang murah lainnya adalah STIS (Statistik) di jalan Otista Raya Jakarta Timur

    BalasHapus
  9. jd bingung..?
    mau pintar kok mahal,bisa tolong gk kasih solusi ke saya ft yg bgus..

    BalasHapus
  10. FT yang bagus dan mahal: ITB, UI, ITS, Trisakti
    Yang lain: Pancasila, UPN Veteran, Muhammadiyah, dsb

    BalasHapus
  11. gerakanpramukauinbandung12 Juli 2008 05.51

    ada yang murah. soal kualitas diri sendiri yang menilai. UIN Bandung boleh dilihat,uang kuliahnya saja persemester hanya 600.000 ditambah uang praktek sesuai program studinya. yang paling tinggi hanya 500.rb/semester. itupun dibayarkan sampai semester V. tidak ada uang DPP...berjuta-juta. Insya Allah akan bermanfaat, amiiin.

    BalasHapus
  12. Menarik sekali....
    Permasalahan mahalnya biaya pendidikan jangan hanya dilihat dari sisi kebijakan universitasnya. Pendidikan yang bermutu tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan kebijakan pemerintah kita sendiri malah semakin mengurangi peranannya....dapat dilihat dari alokasi APBN sektor pendidikan yang dibawah 20%, masih dibawah yang diamanatkan pemerintah. Subsidi untuk Perguruan sendiri sudah dikurangi....paling hanya mencakup biaya gaji PNS.
    Jadi, perguruan tinggi negeri mau tidak mau harus mengupayakan biaya penyelenggaraan pendidikan. Dari mana? Harus ada peran masyarakat alias peserta didik....banyak maupun sedikit.
    Di negara lain, seperti info dari teman2 mungkin biaya kuliah lebih murah karena peran pemerintah cukup besar dalam menyediakan anggaran yang dibutuhkan.

    PT seperti UI sudah dan akan mengupayakan lebih untuk memperoleh sumber dana lain selain dari masyarakat tersebut misal dari kerjasama dengan industri, dari penelitian, dari usaha2 lain yang masih boleh dijalankan. Tapi mencari duit kan gak segampang yang kita pikir apalagi ini institusi pendidikan yang kalo mau bikin bisnis juga gak bisa sembarangan.

    Oleh sebab itu UI mengupayakan biaya pendidikan yang tidak dipukul rata. Bagi yang mampu dapat dikenakan biaya maksimal. Bagi yang tidak mampu dapat dikenakan biaya yang minimal. Misal dapat dilihat kisaran BOP 100 ribu hingga maks 7,5 juta untuk program studi kelompok IPA. UI sendiri pun menjamin tidak boleh seorang pun mahasiswa UI yang keluar hanya karena tidak mampu membayar biaya pendidikan. Bagi mahasiswa ini akan dibantu, dicarikan donatur beasiswa, dsb.

    Menurut saya tidak ada pendidikan yang murah. Tapi, harus ada pendidikan yang berkeadilan. Artinya mampu melindungi generasi bangsa yang kurang beruntung dalam pembiayaan pendidikan tetap dapat memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan.

    Astrid S. Dewi
    Staf keuangan FKUI
    (astrid_chocolate@yahoo.com)

    BalasHapus
  13. Dulu memang biaya kuliah di negeri sangat murah
    saya kuliah di PTN Ja Bar th 88 - 92, cuma 60 000 rb / semester
    Kalo sekarang kebalik, malah PTN yang lebih mahal dibanding swasta
    alasannya subsidi udah dicabut
    Padahal swasta dari dulu tak ada subsidi tuh, malah bisa maju !
    Nah ada baiknya yang petinggi PTN belajar wirausaha dan belajar gimana kelola keuangan kaya' PTS
    Mudah2 an biaya di PTN bisa di tekan ....

    BalasHapus
  14. Iya. Dulu PTN lebih murah dari PTS.
    Saya juga heran kok sekarang Perguruan Tinggi Swasta yang tidak diberi dana oleh pemerintah justru bisa lebih murah dari Perguruan Tinggi Negeri yang masih diberi bantuan uang.

    Seharusnya PTN bisa lebih efisien dan lebih murah. Sebagai contoh jika untuk Kuliah Internasional pakai AC, untuk Kuliah Rakyat tidak usah pakai AC. Tapi sekali lagi, di Swasta pakai AC kok tetap lebih murah ya?

    Mungkin pengurus PTN harus belajar dengan pengurus PTS agar lebih efisien.

    BalasHapus
  15. Katanya murah liat aja mahalnya......... aku aja ngga kuat bayar, kalo murah dan aku mampu aku mau kuliah.coba liat aja biaya nya Ditambah DKFM Rp. 100.000 per semester dan DPP Rp 600.000 sekali saja disemester 1 tahun wah kalo seperti aku mahal.. belum bayar spp mahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaal

    BalasHapus
  16. [...] kalau memang mau kul, ada temen merekomendasikan kuliah murah di websitenya. Ini nih. Silakan dicek-cek deh, baru putuskan mau kuliah. Saya pikir, UPI juga udah ngasih tau kan biaya2 [...]

    BalasHapus
  17. Terimakasih atas info di blog ini.. kalau mahal ya ambil aja yang non formal seperti LPK. Banyak kok yang setara D1 or D2. Tips nya sih, carinya yang ilmunya skill. bukan manajerial or administrative (baca : teori). Jadi kita ngga perlu repot mo terdaftar mo ngga dst. kalo punya skill, misalnya IT, computer, elektro loe pasti kepake. Kalah tuh S1 yang cuman modal ijazah tapi dikalahkan anak pendidikan nonformal hehe.. sudah lebih oke, gaji dari perusahaan bisa lebih murah jadinya ya yang diterima anak LPK. Ini dibuktikan sodara saya. Jadi, jangan ragu lah, kalau punya skill ngapain aja bakal selamet. Bener ga? Kalo punya skill berenang di laut en sungai, lo diceburin kelaut bakal survive dibanding punya Ijazah instruktur renang tapi ga bisa renang di laut karena banyak teori en bisa cuma di kolam renang!

    BalasHapus
  18. menurut saya, pendidikan klo bagus tapi murah itu kelihatannya gak ada , klo org jawa bilang "ono rego ono rupo" , yg perlu diwaspadai itu pendidikan sudah mahal tp kualitas biasa2 aja. Namun demikian berdasarkan pengalaman saya ada pendidikan yang berkualitas dengan harga yg rasional seperti misalnya di T. Elektro UKSW salatiga. Di komentar ada yg menulis pendidikan di India murah, sebenarnya itu juga tergantung universitasnya, klo di India universitas bergengsi tingkat dunia yaitu ITT (Indian Institute of Technology), biaya pendidikannya rata2 (th 2007) sebesar 110.000 rupee per tahun (kira2 30 jt rupiah per tahun) gak murah juga kan?

    BalasHapus
  19. Tolong, daftar universitas di makasar yg punya biaya murah dan punya masa depan buat mahasiswanya. N sarannya, soalnya aku bingung, udah mau lulus tapi blum bisa nentuin dengan jelas dmana harus kuliah. "aku bukan keluarga mampu uang". Sebelumnya thanx.

    BalasHapus
  20. ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    MET SIANG..!!!!!!TOLONG DONG KASIH DAFTAR UNIVERSITAS DI JAWA YANG GRATIS OR YANG PALING MURAH TAPI YANG KUALITAS BAIK DAN MUDAH BUAT CARI KERJA.SOALNYA AKU BINGUNG CARI UNIVERSITAS YANG COCOK UNTUK AKU.SOALNYA AKU BUKAN KELUARGA YANG MAMPU.!!!!MAKACIH YA......

    BalasHapus
  21. assalamualaikum wb wr
    met siang , aku tyno dari jawa aku mau nanya biaya murah yang tdk ngrepotin ortu yang dapat buat cari kerja aku bukan dari keluarga yang tdk mampu soalnya aku ingin kuliah

    BalasHapus
  22. Kalau BSI di Jawa ada:
    http://bsi.ac.id/?VHVlMTA4Nw==
    Yogyakarta
    * Jl. Raya Wates No. 5, Griya Alvita Kali Bayem, Yogyakarta
    * Hotel INNA Garuda Jl. Malioboro No.60, Yogyakarta
    * Jl. Ringroad Barat, Ambarketawang,Gamping, Sleman, Yogyakarta ***

    Purwokerto
    * Jl. Dr Bunyamin No.106 Purwokerto

    Purworejo
    * Jl. Veteran, Purworejo Plaza, Blok A No.12
    * Jl. Tentara Pelajar No.158 Klendung, Krandenan, Purworejo

    Solo
    * Jl. Dr. Muwardi No.85, Solo

    Magelang
    * Jl. Mertoyudan, Prayudan Permai A.1, Magelang

    Kalau kualitas kurang tahu, tapi kan bisa belajar lewat internet / google.com untuk dapat materi kelas dunia.

    Kemudian bisa juga masuk ke Lembaga Pendidikan dan Profesi Terpadu seperti Nurul Fikri yang mencetak tenaga ahli komputer (Linux, PHP, dsb).
    http://www.nurulfikri.com

    Sebagai contoh, ahli programmer PHP bisa digaji minimal Rp 4 juta/bulan. Yang penting dia jago program.

    BalasHapus
  23. Kuliah yang murah dan mutunya bagus dimana? Tolong kirim info ke email saya ya,thx

    BalasHapus
  24. Tolong kasih info universitas di tasikmalaya yang murah

    BalasHapus
  25. tolong di kasih info universitas murah yang di medan

    BalasHapus
  26. salam musim panas dari Kairo.. ^^

    kalo diitung2 sih secara biaya, kuliah di Azhar Kairo juga bisa jadi pertimbangan. rinciannya kek gini:

    per semester:
    biaya kuliah: 70 LE / 126 ribu
    diktat kuliah: +- 100 LE / 180 ribu
    TOTAL: 306 ribu

    per bulan:
    biaya makan plus sewa apartemen: +- 200 LE / 360 ribu per bulan
    transport: +- 30 LE / 54 ribu sebulan
    TOTAL: 414 ribu

    oiya, masih ada juga bantuan pendidikan dari lembaga2 di sini:
    Jami'ah syariah: 50 LE (90 ribu) / bulan.
    Bayt Zakat kuwayt: 300-an LE (540 ribu) / bulan.
    Azhar : 180 LE (324 ribu) / bulan
    etc. etc....
    *untuk lembaga2 di atas, biasanya mensyaratkan hanya boleh mendaftar pada satu lembaga beasiswa tidak boleh lebih, kecuali lembaga Jamiah Syariah.

    biaya ke sini sekitar 8 juta-an, termasuk tiket dan pengurusan administrasi buat kuliah di sini. biasanya lewat broker2 gitu. tapi syarat utamanya harus ikut ujian DEPAG, denger2 udah keluar pengumuman ujiannya. liat di www.ditpertais.net

    untuk info lebih lanjut bisa kontak broker2 resmi untuk kuliah di sini.
    misalkan lewat ust. maulana darsono (alumni Gontor) broker resmi IKPM cab. Kairo (untuk nomer beliau kontak email saia, hanya buat yang serius).

    kalo misalkan bener2 mepet dan gak ada biaya awal 8 juta tadi, bisa juga pake proposal pendidikan ke lembaga2 seperti NU ato Muhammadiyah terdekat, ato ke Pemda... dan ini udah cukup banyak berhasil ^^

    yups, sekian infonya... jadi inget pepatah, "Man jadda wajada.." yang kalo orang Inggris bilang, "If there is a will there is a way.."

    keep your chin up!

    BalasHapus
  27. terkait kuliah di bidang skill bagus juga tuh... thanks infonya.. ^^

    BalasHapus
  28. Menurut saya yang paling murah adalah di USU (Universitas Sumatera Utara)
    Pertahunnya hanya 1juta saja untuk semua fakultas,, kecuali ilmu komputer 2juta pertahun,,
    Tapi itu khusus untuk yang lulus UMB-SPMB atau SNMPTN lho,,

    BalasHapus
  29. duh....
    knpa y biaya kul kok mahal bgt?
    pdhal kan kalo diprhtiin org indonesia tuh bnyk bgt yg pnter"...

    BalasHapus
  30. biaya yg mahal mlah bikin rakyat susah dan miskin....udah mahal bayar,honor lgi smpe berabad2 lamanya malah ditawarin nyogok ma bupati agar dapat PNS,.....

    BalasHapus
  31. ass...
    kayaknya stmik jakarta juga baguz kan? juga murah.
    tp, aku masih bingung, murah di bsi atow di stmik jakarta sih? trus kualitasnya bagus mana?
    blas ke email saya langsung. trims. wass..

    BalasHapus
  32. Ma0 tanya ada gx info skolh keshtn negri di jogja dan bali...bsrta biaya awl thn dan per bulnnya...mksi

    BalasHapus
  33. mo nanya,saya angkatan 2008,msh kpngin ikutan snmptn 2010\2011 msh bs g? n msh da beasiswa prestasinya d PTN unpand,ui,misalnya.......thankz ya

    BalasHapus
  34. ass
    saya ingin brtnya,
    syarat-syrat apa saja untuk bisa mndapatkan pelatihan di DLLAJ?
    trutama DLLAJ cabang Kota Tegal

    BalasHapus
  35. Mmm, aq pelajar SMK klas 3 jurusan akuntansi. Org tua aku pensiunan guru dan pns, seperti yg di katakan seseorg diatas, kriteria miskin dr pemerintah berbeda dgn kejadian real nya dlm masyarakat. Jd utk mengajukan beasiswa kurang mampu, kami tdk bisa. Utk itu bisa gak siapa aja ngasih informasi universitas di yogyakarta yg murah tp ada jurusan hubungan internasionalnya?
    Kirim aja langsung ke
    bahram.nadhri@gmail.com

    BalasHapus
  36. apakah benar universitas terbuka di pandang sebelah mata? khususnya pada pandangan perusahaan2. apakah salah jka saya yang msh berumur mda salah jk masuk UT ????

    BalasHapus
  37. ya memang tidak mudah untuk pendidikan jaman sekarang.tapi aku hanya mengingatkan diatas langit masih ada langit.jadi kalo kamu semua punya kemampuan dan semangat tentunya,kamu PASTI bisa.tenang segala niat yang baik Allah akan memudahkan.so..optimis yaaaa :) ayo, jangan mau kalah sama orang yang berduit.biarpun pas pas'an tapi kita bisa kok bersaing dengan mereka.usaha doa ! yeah..

    BalasHapus
  38. mau mendaftar boleh ga./

    BalasHapus
  39. kenapa ya Tuhan menciptakan manusia dengan pemikiran yang cerdas di buat miskin dan sementara orang kaya yang di beri kenikmatan oleh Tuhan malah hura-hura seenaknya sendiri tanpa memikirkan apa yang telah di berikan tuhan kepadanya..
    sementara si miskin bersusah payah untuk mendapatkan uang..
    kenapa di indonesia terlihat sekali perbandingan antara si miskin dan si kaya?
    hanya Tuhan yang tahu..

    BalasHapus
  40. yaa kok kurang lengkap sich yang di jakarta nya

    BalasHapus
  41. teguh wahyudi3 April 2010 08.09

    pengen sekolah tinggi murah tp tidak murahan knapa ng' di STKW (Sekolah tingi ilmu seni wiwwaltika) aj...! Lagi pula diindnesia sendiri jarang peminat sekolah seni jd kan banyak peluang kerjanya, jg takut g punya bakat "Bakat? masih bisa dikalahkan kok dengan tekat dan kemauan tinggi dengan berani mencoba dan berlatih menjadi seniman sejati....!

    BalasHapus
  42. Dwi wahyu putriyanti Fakih3 April 2010 23.42

    saya ayu,siswa kelas 3 jurusan pariwisata yang sedang menunggu lulusan.memang benar kriteria miskin dari pemerintah dan realnya sangat berbeda.
    padahal saya ingin kuliah,tapi tidak ada biaya untuk kuliah.bagi siapapun yang ada usulan dimanapun baik yang ada di indonesia ataupun luar indonesia tentang beasiswa dan kalau bisa dengan bekerja.saya mohon dengan sangat dikirimkan via e-mail di "luvt_ayu@yahoo.co.id.Terima kasih

    BalasHapus
  43. Numpang tanyak nich om n tnte2 smua.....klo universitas yang menjamin penempatan kerja pada lulusan nya dimane ye???

    BalasHapus
  44. saya mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di Jogjakarta. Saya telah diajarkan tentang Hijrah ke Negara Islam oleh seseorang yang baru saya kenal dari teman, apakah itu aliran sesat ?
    Gimana nie solusinya ? Trus saya diminta uang 3 juta untuk hijrah tersebut, mohon dibalas .. penting !

    BalasHapus
  45. Kemungkinan besar itu aliran sesat.
    Anda bisa lapor pada dosen pembimbing anda/dekan. Bisa juga lapor polisi. Jauhi teman anda tsb.

    Silahkan lihat beritanya. Aliran sesat ini memakai modus Negara Islam Indonesia untuk kemudian meminta uang pada korban yang akan dijerat. Jika perlu, korban disuruh mencuri uang/harta orang tuanya dgn dalih jihad.

    http://arrahmah.com/index.php/news/read/1197/nii-dan-intelijen-asing-di-belakang-aliran-sesat

    http://fit.uii.ac.id/?option=com_content&task=view&id=191&Itemid=215

    Jika ingin mengikuti pengajian, sebaiknya ikuti pengajian di masjid2 besar dekat tempat anda tinggal. Insya Allah lebih aman daripada kampus yang sering berkeliaran kaum dari aliran sesat.

    BalasHapus
  46. tolong donhk kasih tau universitas kedokteran yang murah .klo bisa se di baah 50 juta and tampatnya dibandung dan sekitarnya jangan jauh2.

    BalasHapus
  47. Mudah2an ada yang bisa jawab.
    Kalau pun tidak ada, coba saja belajar bekam dan ilmu herbal.
    Saat saya belajar, paling tidak saya ketemu 2 dokter yang ikut belajar bekam dan herbal.

    Untuk beberapa penyakit seperti darah tinggi, jantung, stroke, diabetes, asam urat, kolesterol, bahkan bisa lebih efektif dan lebih murah.

    BalasHapus
  48. pliisss donk ksih tau universitas mana yang murah dgn

    jurusan komunikasi wat kelas karyawan ??????????


    tlong yh di jwab segera...........

    plisssssssssssssssssss

    BalasHapus
  49. Ni q angkatan 2010, mau kliah kra2 dmn ya universitas or perguruan tinggi yang bagus dan biayanya gak begitu mahal dan penempatan kerjanya enk.
    thanks

    BalasHapus
  50. Kalau IPB masih lumayan murah.
    Masalah kerja itu tergantung orangnya.
    Saya lihat banyak lulusan IPB yang bisa jadi programmer komputer di perusahaan komputer dunia, direktur, dsb. Meski bukan jurusannya, tapi mereka bisa belajar apalagi jika ada program magang.
    Jadi jurusan itu tidak terlalu masalah.
    Kalau untuk swasta BSI sangat murah.

    BalasHapus
  51. untuk kuliah nya hari apa aja dan waktu nya?

    BalasHapus
  52. udah ketemu universitas nya yang murah

    BalasHapus
  53. maaf klo blh tau tolong kirimin ke e-mail aku ya rincian biaya di stmik jakarta dan alamat stmik jakarta,plis aku mohon ya?

    BalasHapus
  54. pengen sekolah tinggi murah tp tidak murahan knapa ng’ di STKW (Sekolah tingi ilmu seni wiwwaltika) aj…! Lagi pula diindnesia sendiri jarang peminat sekolah seni jd kan banyak peluang kerjanya, jg takut g punya bakat “Bakat? masih bisa dikalahkan kok dengan tekat dan kemauan tinggi dengan berani mencoba dan berlatih menjadi seniman sejati….!

    BalasHapus
  55. universitas hnya untuk yg mmpunyai uang tidak dngan motivasi

    BalasHapus
  56. kalo di jogja da ga yg murah s! elektronika ? akreditasi min B

    BalasHapus
  57. dengan biaya kuliah di PTN sebesar itu, begitu pula di PTS, dengan 2-3 anak per KK, jika gaji KK adl 5jt per bulan sebagai karyawan, hidup dikota besar yang nota bene biaya tranpor jg mahal, mereka bukan orang miskin dan tdk mungkin meminta surat ket miskin RT/RW aplg harus minta ttd tetangga, padahal untuk biaya sebesar 100jt terasa sangat berat......

    BalasHapus
  58. y ampun mau pinter kok mahal?
    Kasih tau dong perbandingan biaya kuliah d'tiap negara.
    Kalo biaya segitu mending kuliah d'luar negeri aja s'kalian >bgs & ijazah luar lg. . .

    BalasHapus
  59. gak jadi kuliah deh w, pusing .
    kenapa gk gratis ajah sih kuliah ??
    nyari kerja susah, mw kuliah mahal .
    Terima nasib ajah cm smpe SMA .

    BalasHapus
  60. universitas bagus belum menjamin orangnya jadi pintar, asal ada kemauan dari diri sendiri dia akan jadi orang berilmu, mencari ilmu itu banyak caranya bukan cuma di PT, jadi kalau mau cari PT yg pas usahakan cari yg biayanya cukup di kantong (tidak usah mencari yg paling murah) asal program/ jurusannya sesuai dngan minat/ kebutuhan kita,
    untuk selanjutnya kita belajar otodidak aja..

    BalasHapus
  61. tlong dong cari kan saya universitas yang bagus tapi murah untuk orang miskin kaya kita....... hehehehehe

    BalasHapus
  62. iya nih saya juga mau kuliah tapi mengingat biaya yang mahal saya harus memikir ulang niat saya itu ,saran saya tolong donk pa mentri biaya kuliah di murahin minimal untuk S1 saja ,sukur-sukur di gratisin .........!!!!!!!

    BalasHapus
  63. wow ....
    tq for infonya ...

    BalasHapus
  64. Kuliaaahh di jakarta mahaaaaallllll,gw hijrah ke yogya coz biaya kuliah di yogya muraahh bnget,beda kaya di jakarta,gw anak stp pariwisata di yogya,td gw mw masuk stp sahid coz,gax kuat bo,mahaall,perbandinganya jauh,lagian biaya hidup di yogya murah banget,bayangin jus jambu di JKT dijual 7000 di YOGYA cuma 1000,terus apa-apa murah,pokoknya sippp,hijrah ke london,eeh hijrah ke yogya,hhiii..

    BalasHapus
  65. tolong kasih info gmana caranya bisa wisuda dalam waktu 3 tahun untuk program S1 ya ..
    Sory klau pertanyaan saya kurang berkaitan dengan topik di atas ..

    BalasHapus
  66. BETUL TEMAN.BAGAI MANA PUN KITA HARUS BERUSA.
    KARNA TUHAN SELALU MEMBERIKAN KITA JALAN YANG LURUS.
    SEMOGA PEMERINTAH BISA MEMBANTU KATA MASYARAKAT MISKIN UNTUK DAPAT KULIAH.

    BalasHapus
  67. Minta list PTS yang murah donk di jakarta , klo PTN mah gak usah ngomong pasti mahalnya minta ampoen ...
    minta secepetnya ya ..

    tks

    BalasHapus
  68. wah enk dng ya blajar sambil mandiri d negri orang....
    mga sukses....

    BalasHapus
  69. kalo di unindra jakarta gimana ya apakah tergoong murah juga ya ?
    kalo IT nya bagu gak ya ?

    TQ

    BalasHapus
  70. asslmualaikm tmn2...
    tolong berikn info tmpt kulyah yg murah d daerh sby atau malang. atau ke luar negri gpp. tap yg murah. kalo perlu semuanx ada beasiswa. karna saya tidak mempunyai biaya bwat kulyah y mhal2. tolong info secepatnya

    BalasHapus
  71. aq brhrp bs mlanjtkn kuliyh wlw aq krng mmpu mslh biaya....

    BalasHapus
  72. saya adalah mahasiswa Universitas Pandanaran Semarang
    biaya kuliah di Kampus saya sangat murah dan progdi nya udah terakreditasi
    untuk biaya masuk hanya 100 rb untuk pendaftaran, 300 rb untuk regristasi, itupun masih dapat di angsur, biaya per bulanya hanya 100 rb, bebas uang gedung, bebas biaya per semester, bebas biaya ujian dan sks, pokoknya murah habis,,,,
    tapi ttep berkualitas donk,,,,,

    alamat Universitas di Jl. Banjarsari no 1 Tembalang

    fasilitas kampus: Gedung punya sendiri, perpus kampus, lab dll
    ada 10 jurusan: S1 Arsitektur, S1 Akutansi, S1 Menagemen, D3 teknik Sipil, D3 Teknik mesin, D3 Teknik Elektro, D3 Teknik Kimia, D3 teknik Lingkungan, D3 Administrasi Niaga dan D3 Ilmu komunikasi dan Humas.

    Untuk Informasi lbh lanjut dpt di aksese di www.unpand.co.id
    atau bisa menghubungi saya di nomor 085728651922
    terima kasih

    BalasHapus
  73. Kuliah di Yayasan Abdi Masyarakat Korpri Semarang, biaya sangat murah dan fasilitas bagus,,,,
    biaya kuliah hanya 100 rb per bulan,,,,

    informasi lbh lanjut bisa di akses di www.unpand.co.id atau bisa mnghubungi lewat 085728651922

    BalasHapus
  74. TES POTENSI AKADEMIK25 Oktober 2011 19.25

    CARA JITU CEPAT LULUS TES TPA Oto BAPPENAS, PSIKOTES, TOEFL UJIAN SARINGAN MASUK CPNS/BUMN, S2 (PASCA SARJANA) UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN, UI INTERNATIONAL (PASTI BISA)
    SPESIALIS PELATIHAN TPA/PSIKOTES/ TOEFL UI,UGM,UNPAD, ITB,STAN,UI INTERNATIONAL
    Ijin no:3789/PLSM/ I-133/VII/ 1995

    CARA JITU, CEPAT LULUS TES TPA, PSIKOTES &TOEFL (PASTI BISA)!
    Kami adalah Spesialis pelatihan TPA (Test Potensi Akademik)/PSIKOTES dan TOEFL memberikan pelayanan jasa pelatihan TPA dan TOEFL. Adapun pelatihan TPA, PSIKOTES dan TOEFL merupakan persyaratan Mutlak bagi Bapak/Ibu guna untuk mengikuti:
    - Tes Kenaikan Jabatan / Pangkat untuk CPNS dan BUMN
    - Tes untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang S1,Pasca Sarjana S2 untuk UMUM.
    - MEMBANTU REKAN-REKAN MAHASISWA/UMUM AGAR LULUS PSIKOTES DAN WAWANCARA KE PERUSAHAAN OIL AND GAS, BANK- BANK,CPNS, SERTA PERUSAHAAN MULTI NASIONAL LAINNYA DI SELURUH INDONESIA(SUDAH TERBUKTI).
    Note:
    - Biaya Belajar di Bayar di Muka

    HUBUNGI KAMI di:
    LYSSA,ST,MM / 021.71136838/ 0813 1879 2677
    Wisma Metropolitan 2,World Trade Centre, Jl. Jendral Sudirman,Jakarta

    BalasHapus
  75. Pecinta Al Quran13 November 2011 06.19

    kalo gak kuliah, mondok saja di asrama Hidayatul Quran Darul Ulum Jombang, anda akan dibimbing langsung oleh Dr. H. M. Afifuddin Dimyathi dan Hj. Laily Nafis. M.Pdi (Ning Nafis), sangat murah dan berkualitas. Mendidik kader2 bangsa secara intelektual dengan mengedepankan ahlaq karimah yang berlandaskan al quran. Silahkan!

    BalasHapus
  76. Boleh tau informasi Universitas di Malaysia (program S1, bidang Design Graphis) yang murah

    BalasHapus
  77. assalamuallaikum
    mas mau tanya, kalo selain uin sg* di bandung yang murah univ negeri mana ya..tapi yang berkualitas juga, soalnya setau saya univ uin sg* kualitasnya buruk...

    saya ingin melanjutkan kuliah tapi dana terbatas ,saya hanya sanggup 1 juta kurang/semester...

    mohon bantuannya mas, saya sebentar lagi lulus smk,butuh banyak info jadinya..terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  78. khanifah bagust anggraini15 Januari 2012 17.34

    q pgend bget bsa kuliah................. ekonomi keluargaku pas"an!!! gmna cranya yah/

    BalasHapus
  79. paling murah di german gratis sampe S3...jd tinggal cari duit buat biaya sehari2 di indo terlalu banyak penipuan

    BalasHapus
  80. Saya tertarik dengan informasi di atas tapi harus bagaimana? tolong kasih info selanjutnya.

    Terima kasih,
    Dace

    BalasHapus
  81. M.saiful millah7 Maret 2012 22.29

    yang didaerah jaakarta selatan ada yang murah dan berkualitas daerah mananya yaa >> ?

    BalasHapus
  82. wha.....masa c ?
    klo di malaysia kira-kira brapa ya? & nma unv nya apa?

    BalasHapus
  83. linda vanesa2 April 2012 19.51

    ada nggak universitas di yogya yg berkualitas tapi biayanya nggak mahal2 amat, ada keringanan lah.

    BalasHapus
  84. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Masuk 0-20 jt. persemester 0-2jt. Selamat membuktikan.

    BalasHapus
  85. Universitas Gadjah Mada. banyak sekali beasiswa.

    BalasHapus
  86. Ikuti besasiswa saja. biasanya di universitas negeri yang terkenal banyak sekali beasiswa, contohnya di universitas gadjah mada. saya juga gratis tis sampai lulus =) so, jangan putus asa. semangat ya!

    BalasHapus
  87. infokan caranya mas ke laksmana_w@yahoo.co.id, thx

    BalasHapus
  88. thanks atas informasi nya,mudah"an tahun depan saya bisa melanjutkan kuliah sambil kerja,amien:)

    BalasHapus
  89. emmhh,stlh bca smw ini,q jd tauu t'nyata q g' sndrian!,bingung cri unvrstas yg murah,.!,tolong dong kasi dftr perguruan tinggi yg t'jangkau,d semarang,!,kirim d e-mail.q yya!,.makasii

    BalasHapus
  90. MUHAMAD ROKIB8 Juni 2012 08.58

    bingung ni,,sekarang di tangerang cari kuliah yg terjangkau+bisa sambil krja dimana y?

    BalasHapus
  91. Hm smgat teman2,banyak jaln menuju impian,optimis'',, beaya bkan jd hambtan yg brat lo memang puna kyakinan bisa,

    BalasHapus
  92. numpang tanya ..... ada gak lembaga pemerintahan yang memberikan dana pembelajaran tlg informasinya ke ribatromadhon@yahoo.com

    BalasHapus
  93. [...] SUMBER Share this:Like this:SukaBe the first to like this. [...]

    BalasHapus
  94. laelatul muzdalifah
    aduch......... mo lnjut kmna yah, bntar lgi mo lulus MAN, mo cari universitas yg murah N' bagus... dimana yua????????????

    BalasHapus
  95. justru yan pinter bodohin orang yang gak tahu, coba lihat saja pendidikan di luar negeri tidak jauh beda dan bahkan ada yng memberi beasiswa

    BalasHapus
  96. eko budi rianto22 Oktober 2012 07.49

    mas aku kan kerjaku tukang tambal ban pengen kuliah yang murah yang biayanya perbulan yang sekitar semarang

    BalasHapus
  97. permisi semuanya. saya kuliah di bandung dengan fakultas ilmu komunikasi ingin pindah kuliah ke jakarta. kira kira kampus yang murah dimana ya? saya dijakarta tinggal di cengkareng. mohon bantuannya

    BalasHapus
  98. permisi pak saya cma mau nanya , cara mendaftar online buat mengikuti try out...gy mn cara ya pak???

    BalasHapus
  99. susah amat ya mau jadi orang pintar,duit duit dan duit,apakah cuma orang kaya kaya saja yang bisa kuliah/mencari ilmu ya,pantesan negara ini gak bisa maju karena orang yg berpotensi atau punya kemampuan gak bisa kuliah,sementara orang yg bodoh stupid asal punya duit bisa kuliah,akhirnya bisa dilihat sendiri keadaan negara ini,banyak koruptor merajalela,otaknya mesum mesum dllllllllllllllllllllll,lha wong dari dasarnya udah begitu xxxxx,memprihatinkan

    BalasHapus
  100. bagaimana caranya? sulit kah?

    BalasHapus
  101. Gratis..???
    Hahahhaha gan ane udah survei di internet selama 6 bulan
    survei semua perkuliahan di jerman
    yang gratis itu kalangan beasiswa
    di jerman beasiswa kebanyakan buat gelar master alias S2
    emang tution fee gratis abis
    tp pendidikan d jerman kga gratis gan 80% biaya dari pemerintah gan sisanya 20% bayar sendiri
    klo mau ke jerman masuk kuliah
    syarat = 1.minimal menguasai bahasa jerman A1 bahkan umum skrg d terima d kuliahan itu penguasaan bahasa jerman harus B2 atau gak DZ
    lah buat kursus b.jerman kga murah minimal satu tahun gan buat smpe dpt sertifikat DZ penguasaan bahasa jerman
    dan kursus bahasa jerman kga murah bsa smpe 10jt
    sblm berangkat di wajibkan punya akun bank jerman dan itu wajib setor 8020euro/Rp.90 jutaaaaa
    untuk apa...??
    Uang 8020euro yg d setorin itu buat biaya hidup selama setahun
    klo ambil BACHELOR 2-3 tahun ya trpaksa tahun selanjut,a harus setor 8020euro lg spaya bsa bertahan hidup hahahahah
    klo kga sanggup terpaksa di deportasi
    belom lagi tiket pesawat, pengajuan VISA, dan juga inget
    standard sekolah wajib jerman 13 tahun
    dan indonesia 12 tahun
    jadi kite harus sekolah dlu slama setahun spaya dpt predikat ABITUR
    nah baru dah boleh kuliah

    BalasHapus
  102. Betull buanget susah skli skrg ini cari sekolah yg murah dan bagus... tapi bisa tolong infoin PTS or PTN yg bagus dan murah khusus untuk IT Thanks

    BalasHapus
  103. mau pinter kok mahal.
    Indonesia ini emang aneh.
    Harusnya ada tempat kuliah yg murah dengan test masuk se-indonesia.
    Test nya murni ya, tidak ada embel2 suap macam PNS saja.
    Saya yakin yg kurang mampu akan banyak yg lolos.

    BalasHapus
  104. BSI dah ga masuk dalam data dikti tu. jd banyak pemalsuan ijasah.

    BalasHapus
  105. Mungkin persaingan bisnis ya?
    Saya lihat di Dikti BSI masih terdaftar di Dikti dan Kopertis. Ini linknya:
    http://evaluasi.dikti.go.id/pt/renbangdos
    http://evaluasi.dikti.go.id/pt/detildosen/034110
    http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2010/07/daftar-pts-diseminasi-dikti.pdf
    http://lppm.bsi.ac.id/penelitian/60-hasil-penilaian-pkm-dikti-2010

    BalasHapus
  106. Kalo FK yg bener" murah di jawa tengah dimana?
    Trus biayanya berapa?

    BalasHapus
  107. FK Swasta di Bali :
    Universitas Warmadewa

    FKG swasta di Bali :
    Universitas Mahasaraswati

    BalasHapus
  108. Untuk gelombang 2 (2013)

    FK Universitas Warmadewa tanggal 29 April - 4 Juli

    FKG Universitas Mahasaraswati tanggal 3 Juli - 3 Agustus

    BalasHapus
  109. sekolah uang cuma 5juta bisa lulus dengan baik sekitar surabaya tu mana ya

    BalasHapus
  110. hanya ingin kasih info mengenai akademi sekretari aja ni.
    kebetulan saya kuliah di tempat itu juga.

    Nama Akademi: Akademi Sekretari dan Manajemen Don Bosco
    Lokasi:Jl. Pulomas Barat V
    Program (D3/S1): D3
    Uang Masuk:4jt
    Uang Semester: biaya perbulan untuk thn ak.2013/2014 adalah 1.150.000/selama 10 bulan
    Web Site:http://www.asekmadb.ac.id/

    kuliah hanya 2.5 tahun. lulusan dari asekma don bosco 85% langsung bekerja bahkan kaka saya yang alumni asekma db hanya pkl sebulan dan sekarang bekerja sebagai sekdir menangani 3 direktur di sebuah perusahaan asuransi. 15% sisanya menjadi ibu rt atau menjadi pengusaha.

    menurut saya biayanya terjangkau dan ada beasiswa juga untuk mahasiswa berprestasi dan tidak mampu. fasilitasnya pun memadai. jadi menurut saya, tidak ada salahnya untuk memilih asekma don bosco karena kita di persiapkan untuk bekerja bukan untuk belajar saja:) thanks.

    BalasHapus
  111. oh ya, untuk mahasiswanya tidak hanya yang beragama katolik/kristen saja. banyak juga yang muslim :)

    BalasHapus