Kamis, 05 Februari 2009

Mobil Murah dan Irit Buatan Indonesia

The New GEA Mobil Buatan PT INKA setelah diredesain oleh Vordava
The New GEA Mobil Buatan PT INKA setelah diredesain oleh Vordava
BTW, Esemka dari 2008 hingga 2015 tidak jadi2. Sepertinya cuma pencitraan
Setelah memproduksi mobil Kancil yang kurang sukses karena jaringan pemasaran kurang baik, kali ini PT INKA akan membuat mobil nasional GEA seharga Rp 40-50 juta. Saya lihat perusahaan yang jadi pemasarnya di internet cuma mencantumkan alamat kantor. Tidak ada website, nomor telpon atau pun fax yang bisa dihubungi.

Mobil 650 cc ini bisa dilengkapi AC, kecepatan 85 km/jam, dan super irit karena 1 liter bensin bisa untuk 20-25 km.



Mobil Kancil buatan PT INKA

Mobil Kancil buatan PT INKASelain PT INKA, PT Kanzen juga akan membuat mobil meski agak mahal di harga Rp 80 juta.
Hebatnya lagi, Siswa SMKN 10 Malang berhasil membuat mobil yang diberi nama Esemka dengan harga sekitar Rp 80 juta. Sebelumnya, pak Masrah peneliti dari LIPI juga membuat mobil listrik yang diberi nama "Marlip."

Semoga jaringan pemasaran dan servisnya kali ini lebih baik, kemudian semoga bank2 pemerintah bersedia membantu pendanaan, pejabat pemerintah menggunakan mobil tsb untuk ke tempat kerja, dsb.

Gambar Mobil EsemkaBayangkan jika di Indonesia pasaran kendaraan bermotor 1 juta, maka jika harga mobil umumnya Rp 100 juta, dengan memakai mobil GEA seharga Rp 50 juta bisa dihemat uang Rp 50 trilyun/tahun. Belum lagi biaya bensin yg 2 kali lebih irit.

Jika jadi, maka para pemakai motor pun bisa tertarik karena harganya tidak beda jauh serta lebih aman bagi anak-anak dan keluarga. Kemudian dengan bentuknya yang kecil, lebih lincah dari mobil biasa.

Namun PT INKA harus menggandeng SMK untuk jadi pusat perakitan dan service center. Bahkan jika perlu sebagai showroom dan tempat menjual mobil dengan menggaji 2-3 karyawan tambahan.

Selain itu ada juga mobil Arina-SMK yang 100% made in dalam negeri karena mesinnya juga buatan lokal. Dengan mesin motor 150cc-250cc konsumsi bensin hanya 1 liter untuk 40 km. Jadi betul-betul irit. Selain itu dengan panjang 2,7 meter, lebar 1,3 meter dan tinggi 1,7 meter, mobil ini bisa masuk ke dalam jalan dan gang yang sempit. Harganya sangat murah. Hanya sekitar Rp 24 juta.

Selain itu ada juga mobil off road Komodo dengan kapasitas 2 orang. Mobil ini konsumsi bahan bakarnya 1:25. Dapat melaju 40 km/jam di jalan berbatu dan 60 km per jam di jalan mulus. Harga sekitar Rp 50 juta.

Selain itu ada juga kendaraan UPV (Urban Personal Vehicle) yang mampu memuat hingga 4 penumpang. Mobil ini konsumsi BBMnya hanya 1:40. Harganya hanya Rp 30 juta. Sudah ada pesanan 300 unit dari Belanda, namun karena keterbatasan modal belum dapat dipenuhi. Seandainya pemerintah menyediakan Rp 6,7 trilyun untuk mengembangkan otomotif nasional sebagaimana pemerintah membail-out Bank Century, tentu industri otomotif Indonesia sudah berkembang. Lapangan kerja terbuka luas, dan masyarakat bisa beli mobil murah.

Silahkan baca berita selengkapnya dari Republika di:.


Tentu saja Mikrocar ini selain jaringan pemasaran (bisa menggunakan SMK) harus handal, layanan purna jual juga harus bagus agar masyarakat tidak kecewa. Fasilitas pembiayaan untuk kredit juga harus ada hingga masyarakat kecil bisa nyicil.

Selain itu ada juga mobil listrik Marlip:

MARLIP-CITY CAR


MARLIP-CITY CAR
General Spesifikasi : DC Moro 5 HP, Kecepatan 50 Km/jam, Memuat 4 penumpang, Jarak tempuh 120 Km, Batteries Lead Aced 6 V 220 Ah Deep Cycle. Harga 60 jt sampai 80 Jt rupiah


Selain mobil India Tata Nano, industri otomotif lainnya seperti Ford, Nissan, Renauld, Volkswagen, Toyota, Honda, dan Fiat juga akan bersaing memproduksi mobil mungil (Micro car). Oleh karena itu pemerintah harus cepat bertindak agar industri otomotif di Indonesia berkembang dan mandiri.

Senin, 06/10/2008 13:18 WIB

Mobil GEA PT INKA Tunggu Rekomendasi BPPT

Ikhsan Ali - detikOto

Gambar

Jakarta - Upaya industri dalam negeri untuk bisa memproduksi mobil sendiri belum berhenti. PT INKA yang selama ini dikenal sebagai pembuat gerbong kereta, juga beranjak kesana. Terakhir, mereka telah menguji coba mobil yang bertenaga 600 cc.

“Kami sudah menguji coba mobil ini sejauh 10.000 km. Hasilnya, cukup memuaskan.” Demikian disebutkan Kepala Humas PT INKA Fathoer Rosyid kepada detikcom, Senin (6/10/2008). Menurut Fathoer, mobil yang dikembangkan INKA tersebut adalah generasi kedua dari Mobil Kancil yang dulu juga pernah dilansir ke publik.

Seperti diketahui, beberapa tahun lalu, PT INKA menjadi partner perakitan kendaraan milik PT Kurnia Abadi Niaga Citra Indah Lestari yang diberi nama Kancil. Mobil tersebut sempat diposisikan sebagai bakal pengganti angkutan jarak pendek dalam kota, Bajaj. Namun pada praktiknya, Kancil tidak mendapat tanggapan yang cukup baik dari pemkot Jakarta ataupun masyarakat.

“Kalau kancil dulu hanya 450 cc. Maka mobil yang generasi kedua ini kapasitas mesinnya lebih besar. Sudah 600 cc. Selain itu, desain dan ruang bagian dalamnya juga lebih luas dari Kancil,” ujar Fathoer menjelaskan. Bila nantinya sudah resmi dipasarkan, PT INKA memperkirakan harga jualnya berkisar antara Rp 45 sampai degan Rp 50 juta.

Untuk mobil barunya kali ini, PT INKA memberi nama GEA yang merupakan akronim dari Gulirkan Energi Alternatif. Maksud penamaan tersebut adalah semangat untuk menggunakan energi alternatif terkait dengan ancaman krisis energi. Karena itu, pada GEA juga akan disediakan opsi untuk bisa menggunakan bahan bakar gas.

Jika tak ada aral melintang, PT INKA berharap bisa meluncurkan GEA pada tahun 2009. Pasar pertama yang disasar adalah para pemilik angkutan umum, tapi tak tertutup juga jika diperuntukkan sebagai kendaraan pribadi. Namun untuk sampai pada proses tersebut PT INKA masih menunggu rekomendasi dari BPPT sebagai otoritas pertama soal kelaikan jalan.

Baca selengkapnya di:


Inka kembangkan kendaraan kecil pengganti bajaj

-- Bisnis Indonesia - Monday, 11 August 2008 --

JAKARTA: PT Industri Kereta Api (Inka) segera memasarkan mobil mini (micro car) berkapasitas mesin 650 cc sebagai alternatif kendaraan angkutan umum pengganti bajaj.

Kendaraan yang diberi nama Gea tersebut ditargetkan diluncurkan ke pasaran domestik pada tahun depan. Nama mobil Gea merupakan akronim dari ‘gunakan energi alternatif’.

Saat ini, Inka telah mengantongi izin dari Departemen Perhubungan dan nomor identifikasi kendaraan bermotor (NIK) dari Departemen Perindustrian.

"Kami tidak ingin tergesa-gesa dalam memasarkannya. Kami banyak belajar dari pengalaman dalam mengembangkan Kancil [nama kendaraan kecil sejenis bajaj] yang kurang sukses di pasaran. Saat ini kami masih sempurnakan dulu teknologinya, " katanya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

Pada sekitar 2003, Inka sempat menggandeng PT Kancil Indonesia untuk memasarkan mobil mini dengan kapasitas mesin 500 cc. Namun, dalam perjalanannya produk tersebut kurang sukses di pasaran.

Direncanakan, untuk memasarkan mobil seharga Rp50 juta per unit itu Inka melakukan pendekatan terhadap kalangan koperasi angkutan umum sebagai salah satu segmen yang akan disasar.

Baca selengkapnya di:


Mobil Rp 70 Juta Produksi SMKN 10 Malang

Monday, 08 June 2009

MALANG --  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 10 Kota Malang memang baru berusia dua tahun. Kendati masih berusia belia, SMK bertaraf internasional yang berdiri sejak 2007 ini sudah mampu memproduksi mobil yang harganya dipatok sangat murah, hanya berkisar Rp 70 juta per unit.

Murahnya harga mobil tersebut tentu saja mencengangkan banyak kalangan. Sebab, harga mobil baru yang beredar di pasaran Indonesia selama ini masih di atas Rp 100 jutaan per unit. Namun, tidak demikian dengan Kepala Sekolah SMKN 10 Kota Malang, Faizah. Kepala sekolah yang mengenakan jilbab ini justru menilai harga sebesar itu  wajar. Mengapa wajar? Faizah yang kala itu didampingi Humas SMKN 1o Kota Malang, Edi Basuki menceritakan secara detail tentang produk-produk unggulan yang dibuat siswa-siswa SMKN 10 ini. Mulai dari komputer, labtop, sepeda motor hingga produksi mobil.

Baca selengkapnya di:

http://smkn10-mlg.sch.id/index.php?option=com_content&task=view&id=12&Itemid=1

Mobil Esemka, Tantangan Bagi SMK

Syubhan Akib - detikOto

Jakarta - Mobil double cabin yakni Esemka Digdaya hasil kreasi siswa SMK 1 Singosari, Malang sepertinya memang layak diacungi jempol.

Sebab walaupun hanya diberi waktu pengerjaan 3 bulan saja, 50 siswa yang terlibat dalam proyek pembuatan mobil ini terbukti sanggup mengerjakan semuanya dengan sangat rapi.

Baca selengkapnya di:

http://oto.detik.com/read/2009/05/22/143755/1135623/648/mobil-esemka-tantangan-bagi-smk

Hebat, Siswa SMK Rakit Mobil Sendiri!

Jumat, 22 Mei 2009 | 18:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Enam siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 10 Malang, Jawa Timur, mampu merakit sendiri karoseri hingga pemasangan suku cadang kendaraan roda empat bernama 'Zhangaro' dengan kapasitas mesin 1.500 cc.

"Proses pembuatan dan perakitannya selama tiga bulan," kata Sugeng Sutrisno, salah seorang siswa perakit mobil, di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XVII di Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/5).

Baca selengkapnya di:

http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/05/22/18174239/hebat.siswa.smk.rakit.mobil.sendiri.

http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/05/19/10311627/upv.mobil.mikro.indonesia.seharga.rp.30.juta

UPV, Mobil Mikro Indonesia Seharga Rp 30 Juta

http://oto.detik.com/read/2009/05/18/122615/1133224/648/komodo-bisa-hidup-di-dua-alam

Komodo Bisa Hidup di Dua Alam

http://www.its.ac.id/berita.php?nomer=5595

Komodo, Mobil Tangguh Karya Arek ITS

http://autos.okezone.com/read/2009/05/15/52/220186/52/komodo-mobil-jelmaan-kendaraan-roda-dua

Komodo, Mobil Jelmaan Kendaraan Roda Dua

http://mobnasgea.blogspot.com/2011/04/gea-mobil-nasional-indonesia.html

270 komentar:

  1. ALHAMDULILLAH KAMI TURUT BERSYUKUR,MUDAH MUDAHAN TERLAKSANA DENGAN LANCAR DENGAN DUKUNGAN SEMUA PIHAK. KAMI PEKERJA MOBIL HYUNDAI DIKOREA JUGA MENDUKUNGNYA. SELAMAT BERJUANG INKA INDONESIA.

    BalasHapus
  2. wah lumayan juga mobil kita itu
    tetapi masih jauh yang kita harapkan

    BalasHapus
  3. kapan bisa mulai inden nih , harga on the roadnya berapa ? bagaimanan jaringan purnajualnya ?

    BalasHapus
  4. wah mantap jg tuh.... kalau bisa bentuk body nya ,,agak di mirip in HONDA JAZZ aja...biar lebih laku lagi,,,...

    BalasHapus
  5. Hebat oi Indonesia-ku..... sudah bisa buat mobil sendiri.
    Modelnye aje bagusin dikit or bikin sayembara desain mobil terus dibuat deh... jadi seluruh indonesia bisa mengenal dulu lewat sayembara tersebut.
    lalu pemenangnye dikasih royalti or apa deh...

    Aye yakin kalo ini diterapin .... masyarakat kita .... buanyak yang membelinye....ok

    Aye cinta Produk Indonesia......

    BalasHapus
  6. Nah gitu dong, indonesia ada kemajuan, tinggal warganya nih yang harus mendukung produk indonesia, bagusnya pemerintah juga, biar membatasi produk import, terus diawali oleh para pejabat mulai mobil inventaris atau mobil-mobil hadiah perusahaan yang selalu dibagi.
    Tapi juga perusahaannya harus profesional, jangan buat kecewa, biar gak kapok, jadi beli lagi dech.
    hidup produk indonesia. Merdeka

    BalasHapus
  7. Untuk produsennya PT INKA apakah sama dengan yang bikin Kreta Api?

    setuju dengan komentar yang lebih dulu, mungkin bisa dibuat design yang lebih bagus lagi seperti mobil buatan india yang sudah ngelirik model mobil jepang dan eropa. supaya lebih laku

    BalasHapus
  8. saya sangat gembira membaca bahwa bangsaku sudah mampu membuat mobil dan saya siap membantu untuk memasarkannya kalau bisa saya mau menjadi dealer pertama di makassar. Hidup Indonesia maju terus bangsaku.

    BalasHapus
  9. Betul. Ini PT INKA yang bikin gerbong kereta api.
    Cuma memang agar pemasarannya bagus, PT INKA harus punya kantor di Jakarta.
    Kemudian layanan purna jual baik servis atau kemudahan mendapatkan onderdil harus bagus.
    Kalau kurang, sebaiknya untuk mesin kerjasama dengan perusahaan motor Jepang yang tidak bikin mobil (agar tidak saingan) seperti Yamaha dan Kawasaki. Jadi kalau onderdil mesin rusak bisa beli onderdil Yamaha atau Kawasaki.

    BalasHapus
  10. Barang bagus harus di bungkus(kemasan) dengan bagus pula sehingga pass dijual bisa booming.
    kapan dilempar ke pasar ???

    BalasHapus
  11. yang penting untuk konsumen indonesia adalah model yang bagus bukan mutu ,model bagus dan keren itu bisa buming asal dengan harga yang murah/

    BalasHapus
  12. kualitas sebanding dengan harga

    demarketisasi.

    BalasHapus
  13. kalau chasingnya bisa diganti-ganti kayak HP nikia pasti laku :)

    BalasHapus
  14. gila men,indonesiakoe bisa buat mobil..gua patut bangga ni...
    tapi menejemenya kdu lbih baek,biar ga' kyak yg dulu2.sasaran pasarnya siapa dg mdel gitu..?aku rasa pminatnya jrang bget..kdu bwt mdel bervariasi sesuai bdikan pasar ni,ank muda,eksektive,angkot,mdelya kdu mnarik...jgan kalah sama india....pmrintah jg kdu dkung,sosialisasinya,danany ja...kalo sukses,bisa mngrangi pgangguran lo...skses yaww....
    jaya indonesiakoe.merdeka

    BalasHapus
  15. Terus kan,cintai produk dalam negeri ,dan kecil kan ketergantungan pada produksi asing ,majukan ekonomi bangsa,

    BalasHapus
  16. kok msh tanggung2 buatnya( cc kecil )yg bagus sekalian dong...Indonesia udah lebih dari mampu kok bikinnya..
    viva INKA

    BalasHapus
  17. aku cinta produk dalam negri
    tapi lebih cinta kalo 1000cc

    mantap . . .

    BalasHapus
  18. Saya sangat bangga dengan penemuan ini dan penuh harapan dengan mobil ini Indonesia juga menjadi pemasok industri city car untuk dunia kelak. Selamat bekerja dan mudah-mudahan dalam tahun 2009 ini kami di Bali sudah bisa menikmati karena Bali sangat padat perlu city car. Disini sudah banyak KIA & Hundai, harapan kedepannya GEA juga bisa main dan dapat sambutan dari masyarakat luas.
    Salam,

    BalasHapus
  19. Bagus. Kita harus mendukungnya dan berharap pemerintah juga mendukungnya dengan serius. Tidak seperti Bang Yos semasa menjabat Gubernur DKI tak mendukung Mabil Perkasa sebagai Bus di jalur bus way Jakarta. Lebih memilih Bus Cina, Korea dan Jepang. Pemimpin saja tak mau pakai produk lokal gimana rakyatnya ya..

    BalasHapus
  20. waaaah, kmajuan nih. apa lagi klo rencananya mau menggandeng SMK/STM, insyaALLAH akan dapat dukungan yang lebih luas lagi.
    SMANGAT!!!
    ^_^

    BalasHapus
  21. alhamdulillah
    terima kasih kepada seluruh pendukung dan semangat.
    MUDAH2N PRESIDEN TERPILIH NANTI IKUT MENDUKUNG DAN MENGEMBANGKANNYA. AMIN.
    AYO CINTA DAN BELI PRODUK INDONESIA JANGAN BELI PRODUK PEJAJAH

    BalasHapus
  22. sbenarnya indonesia bisa membuat mobil yang lebih aerodinamis lagi dengan harga sgitu kok..
    tapi knapa y kok g mau???
    tapi salut ama anak negri kita...
    kalo bisa, smua sparepartnya juga diproduksi di dalam negri yach

    BalasHapus
  23. wah jane tertarik tapi klo kecepatan tinggi apa nggak roboh kekanan atau kiri yaa mengingat bentuk lebarnya tak sesuai dengan tingginya mobil

    BalasHapus
  24. Wes, idn mulai mantep ni,bisa ngebuat mobil ndiri, tapi cc mobilnya gedein dong trus kalo bisa mesin 1000cc tp horsepowernya 250 biar kaya moge hehe, modelnya bagusin biar lebih laku oke

    BalasHapus
  25. pastinya dengan mobil itu:
    1. Bangga, indonesia punya mobil laris n irit
    2. Laris, karena murah
    3. Bikin macet, krn banyak yg beli n jalanan jakarta tambah semrawut g jelas
    4. Global Warming??

    BalasHapus
  26. lha gitu bikin pesawat aja bisa , coba anak STM-2 itu dikerahkan, di engineri sama sarjana-2 biar tidak ngurusi politik aja, percuma sekolah & kuliah tehnik kerjaannya ngurusi politik ya mesti kelahi.ya to...?
    inggih lik wakakaka.............k

    BalasHapus
  27. cc nya kurang tinggi kira 900 cc lah harga 45-50 juta oke modifikasi design body n ban...siip indonesian car!

    BalasHapus
  28. yg penting dijaga kualitasnya.kalo kualitasnya bisa dipake jalan untuk jarak 200-600 km sekali jalan tambah bagus tuh.kita jg perlu mobil keluarga kecil yg bisa keluar kota kalo sewaktu2 mudik.cc-nya 650 gpp yg penting aman dan nyaman dikendarai.trus, sparepartnya nyarinya harus gampang ya...soalnya kalo rusak biar ngga bingung nyari sparepart...kebanyakan mobil ga laku kan karena sparepartnya susah dicari.harga antara 40-50 jt sudah oke,soalnya kalo diatas 50jt pasti kita jg mikir2 kalo mau beli(soalnya dengan harga diatas 50jt kita bisa dpt mobil jepang,meskipun yg second).sukses ya buat inka

    BalasHapus
  29. oh ya hampir lupa,jgn lupa disinnya yg bagus ya:kayak honda jazz,karimun estillo,suzuki swift gitu lho...biar laku.kalo disinnya kayak kancil pasti ga ada yg mau beli,abis kancil bentuknya jelek bgt...

    BalasHapus
  30. Yup, desain harus stylish, mody, elegan, minimalis,mau tau caranya? Adakan aja lomba desain mobil utk mahasiswa....so semua merasa memiliki nantinya.
    mesin didesain berbahan bakar alkohol, or listrik

    BalasHapus
  31. Salam,
    mas, kapan ya mobil ini dilounching. Saya liat di kick Andy, katanya Mobnas ini selain bisa menggunakan bahan bakar bensin, juga bisa dengan gas. Ini berarti, kita bisa pakai mobil dengan efek perusakan lingkungan yang lebih sedikit.
    Matur nuwun

    BalasHapus
  32. alhamdulillah

    AYO CINTA DAN BELI PRODUK INDONESIA JANGAN BELI PRODUK luar negeri..semua kebutuhan dari kebutuhan dasar sampai kebutuhan mewah HARUS DI PRODUKSI DI NEGRI SENDIRI...
    HIDUP INDONESIAKU.....MAJU INDONESIAKU....JANGAN TAKUT BERSAING....KAMU BISA...!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  33. Wah Hebat Indonesia Tp Bentuk Mobilnya kurang menarik. . . . Klo Bisa Generasi Selanjutnya Lebih Keren lagi mobilnya

    BalasHapus
  34. mantepppppppp buangeeetttttttt.......
    indonesia ga kalah dengan luar negri, udah bisa buat mobil sendiri..

    BalasHapus
  35. disainya kurang oke, kalau bisa tiru tatanano aja kan oke. peminatnya pun membludak.

    BalasHapus
  36. bangganya diriku sbg warga indonesia...
    ahirnya keinginan untuk bisa naik mobil buatan local,tercapai jg..
    namun bentuknya aja di perbagus...
    i love indonesia...

    BalasHapus
  37. Maju terus tuk berkrasi,.....

    BalasHapus
  38. yaa mobil kecil memang perlu untuk keliling kota, mobil karimun, atoz sama kia harganya mahal.. yang penting irit, awet perawatan dan purna jual ok..

    BalasHapus
  39. waduh seneng dech mendengarnya akhirnya kesampaian juga naik mobil bagus dengan harga yang terjangkau.kapan di pasarkan dan gimana caranya inden?trus sampai di konsumen harganya jangan terlalu mahal ya.. yang sama dengan yang di promosikan itu.. ya.... mau...mau...mau.segera kasih tau aku ya...kalau sudah launcing

    BalasHapus
  40. INKA (inovasi tiada terkira)
    bagai mana Mobil GEA kalo digunakan untuk medan pegunungan/Pedesaan?

    BalasHapus
  41. Bravo Indonesia, Apa sih yang bisa dilakuin oleh orang Indonesia ? Liat aja di berita2, banyak ide-ide briliant di Indonesia ini tinggal dukungan dari Pemerintah. Uang rakyat buat rakyat lagi bukan buat pribadi. Indonesia pasti bisa maju dan harus maju. Kita dukuhg produksi anak bangsa. Saran nih banyak pelaku UMKM yang membutuhkan mobil tapi tidak terpenuhi karena harga yang tinggi, coba lirik deh pasaran UMKM yang terbukti lebih bertahan menghadapi krisis ekonomi. Pasti Laris nih GEA. Kalo udah launching aku beli deh. Bravooo GEA maju terus pantang mundur............

    BalasHapus
  42. Wah asyik nih kalau bener, kapan mulai dipasarkan ya ?
    Kabari dong saya nanti, abis naik motor keujanan melulu.

    BalasHapus
  43. Asyiik ada mobil kecil nih... ntar minta kakek beli biar kalau nganter sekolah aku nggak naik vespa melulu, kala kujanan nggak njedindil basah kuyup.

    BalasHapus
  44. wah kalau murah dan mesin nya bandel saya pasti beli saya dah bosan kehujanan

    BalasHapus
  45. mantep indonesia, biarpun modelnya masih kurang yang pening dukungan dari pemerintah dulu yang lebih utama, urusan model kan bisa di survei di Indonesia, model mobil seperti apa yang menjadi faforit rakyat. bener deh pasti laku mobil indonesia. semangat ya pelaku industri otomotif, sekian

    BalasHapus
  46. sukses.....
    saya jg berharap pt inka bisa membuat mobil yg lebih dr yg skrang.apalgi sekarang nak2 smk sudah bisa membuat mobil yg bagus.kwnapa tidak diajak gabung aja/////

    BalasHapus
  47. saya bangga dengan mobil nasional, agar mobil itu bisa populer maka seharusnya mobil-mobil dinas di seluruh indonesia harus menggunakan mobil nasional, sehingga bangga terhadap produk dalam negeri sebab yang digunakan membeli kan uang rakyat. sukses selalu.

    BalasHapus
  48. mantab, sudah saatnya kita bangga produk dalam negeri, semoga cepat dipasarkan

    BalasHapus
  49. pasti kaga laku ngeliat desain dan harganya....orang pasti ngebandingin sama tata nano yang lebih murah dan lebih bagus desainnya

    BalasHapus
  50. keren...harga oke

    sbg saran disain kalo bisa dibuat stylish dan berkesan premium.
    (secara indonesia gt lho, dan tepatnya sih semua konsumen)

    dan satu lagi

    IKLAAAAN!!! penting bgt, dab harus diserahkan ke advertising agency yg bnr kompeten
    dan pesannya nyampe ke masyarakat

    thus, InsyaAllah, ni produk bisa laris manis kaya asus eepc, yg bikin trend baru netbook
    bikin produsen besar ky dell,sony,lenovo,samsung,dll sampe latah...

    GO INDONESIA, jgn pesimis rakyatmu ada 200 juta! just find a proper way to communicate it!

    BalasHapus
  51. wah selamat deh mantap negeriku cintaku model sih ampir mirip visto atau atoz yach kalo bisa harganya ditekan lage donkkkkk Rp.35 juta otr kan upah kerja kita masih rendah dan bhn masih lokal ngga ada import soalnya kalo harga 40-50jt orang masih milih starlet kapsul yang bekas tapi sekali lage bravo indonesia merdeka!!!!!

    BalasHapus
  52. Ma'af, Untuk desain mobil perlu kiranya kerjasama dengan Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Sebelas Maret Surakarta

    BalasHapus
  53. Sayang, design mobilnya kurang bersaing dengan yang ada dipasaran...orang beli tidak hanya sekedar irit, tp juga mempertimbangkan aspek penapilan

    BalasHapus
  54. Saya yakin semua rakyat mendukung dan akan terjual laris manis kalau dibungkus dengan sentuhan bentuk body yang futuristik meskipun isinya tidak secanggih tampilannya.
    Tapi itu semua juga tidak akan berjalan kalau tidak mendapat dukungan penuh dari para penguasa dipemerintahan ini yang akan mengeluarkan ijin dan akan menghadapi tantangan dari pengusaha kendaraan yang sudah exis di Indonesia.

    BalasHapus
  55. Saya sangat mendukung mobil buatan negri sendiri, hanya ada beberapa hal yg harus dipertimbangkan dan diperhatikan, yaitu:
    1. HARGA, bila bandingkan dgn TATA NANO yang buatan india yg berkisar 25jutaan (bila dikurs rupiah) dgn desain serta fitur yg cukup lengkap, dan kemudian masuk pasar otomotif indonesia, rasanya GEA akan bernasib sama seperti Kancil.
    2. DUKUNGAN PEMERINTAH, dalam mempromosikan kendaraan dalam negri ini semoga jauh lebih serius, misalnya diwajibkan sebagai kendaraan dinas (pejabat) sehingga ada kebanggaan di negeri sendiri.
    3. DUKUNGAN SERVICE & SPAREPART, agar lebih diperbanyak dan ditingkatkan agar sosialisasi ke masyarakat dapat lebih cepat dan berkembang.
    4. Kalo bisa kembangkan pemasaran di daerah dulu, karena di DKI tingkat kompetitor serta gengsi orang kota akan menjadi kendala dalam hal pemasaran.
    Semoga produk indonesia semakin jaya di negeri sendiri.

    BalasHapus
  56. nah gitu dunk...kan lumayan bisa meningkatkan ekonomi indonesia.
    oia,untuk teman2 yang berinestasi dan membutuhkan berita2 terkini tentang perekonomian indonesia dan dunia juga perkembangan dari lantai bursa saham saya punya referensi portal media yang berisi berita2 ekonomi yaitu di http://vibiznews.com.

    BalasHapus
  57. Saya siap untuk membantu design aerodinamis mobnas yang sangat saya cintai dan saya tunggu-tunggu kehadirannya. Saran saya mobnas type apa saja mencontoh design mobil eropah yang lebih berkesan stabil (tidak terlalu tinggi) mengutamakan lebar dari pada tingginya. Tidak hand made, tapi pressed body. Pastiiii laris.

    BalasHapus
  58. ashar abdy saputra22 Juni 2009 pukul 09.01

    mantap sich harganya tapi modelnya jagan malu@in dunk lw bsah k depanya d kembangkan dalam bentuk mobil sedan oke..!!!! sukses dech buat industri otomotif indonesia

    BalasHapus
  59. Syahril Sofyan SH23 Juni 2009 pukul 05.57

    Saya sangat sependapat dengan komentar-komentar terdahulu, kalau bisa (saya yakin anak-anak bangsa ini pasti bisa mengingat mereka juga membuat laptop) SMK mulai pula dengan membuat prototype rudal (missile) yang didukung teknologi komputer bekerja-sama dengan PINDAD dalam merancang hulu-ledaknya ... sehingga pada waktunya bangsa Indonesia dapat melepaskan diri dari ketergantungan dari mengimpor senjata dari bangsa asing. Wahai bangsaku ... ingatlah bahwa Indonesia membutuhkan angkatan laut dan angkatan udara yang tangguh untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan serta kesatuan wilayah kepulauan Nusantara. Bravo Indonesiaku, selamat berkarya ...aku bangga jadi orang Indonesia.

    BalasHapus
  60. Bayu Arief Wahyudi23 Juni 2009 pukul 18.15

    Percuma, kalo Regulasi, Undang-undang dan Peraturan di Indonedia masih memihak pada KKN, Golongan Tertentu dan Golongan Konglomerat ( Monopoli )!!!

    BalasHapus
  61. Modelnya dibuat bagus sekalian, agar pasarnya lebih luas. Jangan mengandalkan pasar angkutan umum, karena sangat terbatas.

    Proficiat utk INKA dan teman2 SMK Malang, terus berjuang untuk mewujudkan impian

    BalasHapus
  62. wah...kalo saya pernah bawa kancil tuh..waduh amit2 deh dikasih juga ga mau saya, kaya naek gerobak bakso mendingan naek bajaj yg baru lebih enak deh, kalo menurut saya produsen tidak tulus membuat projek ini untuk kemajuan bangsa, semata2 hanya mencari keuntungan saja, produk kancil gagal dipasaran bukan karena kurang jaringan distribusi tapi karena produknya tidak mampu bersaing dengan produk yg ada dipasaran bahkan dibandingkan dengan bajajpun masih kalah jauuuuuuuuh...... dibutuhkan jiwa nasionalis, patriotis untuk membuat produk yang berlabel MOBNAS, masalahnya ADA TIDAK YANG BERJIWA SEPERTI ITU???????????.........

    BalasHapus
  63. gila...keren banget..ada yang bikinan anak SMK, tapi koq saya belum pernah denger sampe sekarang ya? baru tahu dari blog ini malah...wah...padahal kalau promonya bagus mungkin banyak yang tertarik....

    BalasHapus
  64. Aku Cinta Indonesia16 Juli 2009 pukul 17.01

    Pada intinya mari kita semua mendukung dengan cara mencintai produk dalam negeri. Mari orang2 pintar Indonesia, sumbangkanlah ide2 mu untuk produk Indonesia walaupun kalian bekerja untuk produk Asing. Dan mari kita semua jangan lagi gengsi untuk menggunakan produk Indonesia.
    Selamat PT.INKA Semoga semua masukan komentar yang ada bisa menjadi ide yang luar biasa ke depan nanti. Dan Selamat jg untuk SMKN MALANG kami jg tunggu karya kalian di pasar otomotif kita.
    Bravo untuk kita semua

    BalasHapus
  65. Kembangkan, kembangkan terus supaya tercipta mobil asli 100 % buatan Indonesia.
    Pemerintah harus mendukung penelitian mesin, pengembangan model, pemasaran, servise hingga suku cadang dengan kerjasama berbagai departemen yang terkait
    Pemerintah dan DPR harus membuat UU yang mana pembelian Mobil Dinas untuk Pejabat dan Operasional PNS yang dananya bersal dari Pajak Rakyat Indonesia harus memakai Mobil Buatan Indonesia Asli sehingga secara perlahan tapi pasti akan tercipta : Pabrik Mobil berkualitas buatan Indonesia, Akan tercipta ratusan ribu tenaga kerja. Kita harus meniru India dimana Pejabatnya memakai mobil buatan mereka sendiri yang sekarang produk kendaraan motor India sudah International karna didukung oleh penggunaan wajibnya adalah para pejabat pemerintahan mereka hingga polisi..
    Bravo Indonesia..

    BalasHapus
  66. alhamdulillah...

    bangkit Indonesia dan teruskan inovasi teknologi Indonesia...!!!!!

    Kita Pasti Bisa !!!

    BalasHapus
  67. apapun bentuk dan condisi mobil buatan indonesia saya akan beli biar kayak orang india itulo.....yg nasionalismenya sangat tinggi sekali.dan saya berharap agar product mobil indonesia di dukung oleh pemerintah termasuk kendaraan kantordan juga orang2top indonesia pakailah mobil buatan anak bangsa sendiri jangan bangga dgn product orang lain biar indonesia cepat maju.gitulo..........?

    BalasHapus
  68. Baru mendengar kbr ini, saya lsg terharu ternyata bangsa kita mampu. Smoga ini merupakan sebuah kebangkitan bangsa indonesia utk mejadi tuan di negara sendiri. Subhanallah...!

    BalasHapus
  69. saya dan keluarga sangat setuju dan mendukung usulan Sdr. Yulias Valet tgl. 17 juli 2009. Buktikan janjimu ini wahai kepala negara yang terpilih, ini adalah tantangan untuk membuktikan bahwa pemerintah baru benar benar menjalankan kebijaksanaan pro rakyat. Mendongaklah hai pemimpin jangan menunduk saja. Kini saatnya bangkit dengan penuh percaya diri. Semoga Allah SWT meridhoi langkah dan kebijaksanaan anda. Ini saatnya membuat terobosan dan keberanian yang akuntabel, terukur, elegan dan bermartabat sekali gus.

    BalasHapus
  70. hebat bangsa kita bisa membuat mobil untuk menjadi tuan rumah di negara sendiri, tetapi baru keluar harganya dibanderol cukup tinggi, sebab orang masih berpikir dua kali untuk membbeli mobil produksi anak bangsa yang masih belum teruji kehandalannya dibandingkan dengan membeli mobil bekas buatan jepang yang sudah teruji. selain itu model yang dibuat agak kaku dan kurang aerodinamis. saya memberikan saran agar saat melepas ke pasaran mobil karya anak bangsa ini jangan terlalu mahal harga jualnya, agar rakyat dapat menguji kehandalannya dan kehebatan mobil tersebut, setelah itu baru mencocokan dengan harga pasaran yang pas untuk dijual. jangan pernah berhenti untuk terus berkreasi membuat mobil yang dapat bersaing di pasaran internasional.

    BalasHapus
  71. selangkah lagi bangsa kita bisa menjadi bangsa yang kuat, jangan pernah mencaci hasil karya kita sendiri karena baik atau pun buruk hasilnya itu merupakan tantangan agar selalu berbuat lebih baik, kita jangan cengeng ataupun membanding-bandingkan hasil karya kita dengan bangsa lain secara negatif. Jika kita terus memposisikan diri kita sebagai bangsa yang tertinggal itu adalah kesalahan yang fatal, karena maju atau tidaknya sebuah bangsa dapat dilihat dari semangat dan dukungan yang dibuktikan oleh segenap rakyatnya. Jika sebagian dari kita ada yang benci kepada sistem pemerintahan yang ada itu wajar, namun janganlah sekalipun kita membenci INDONESIA, karena disinilah kita lahir, makan, berpendidikan, bersapa dan berkarya sebagai seorang manusia. Marilah semuanya kita lakukan yang terbaik untuk INDONESIA. Hari ini kita bisa membuat mobil, namun besok niscaya bangsa kitalah yang akan menguasai angkasa luar. HIDUP INDONESIA !!!

    BalasHapus
  72. Wah kendaraan roda empat di Indonesia,masih cukup mahal........masih kalah murah sama negri tetangga,,,,,,,walaupun kita merdeka duluan,India sekarang sudah bisa menciptakan mobil yang harganya 24 juta dan sangat bagus. Malaysia,Kamboja,Vietnan dan negara tetangga lainnya harga jual mobil gak selangit seperti indonesia....Kenapa ya,,,,,,,,kenapa,,,,,,termasuk moil dalam negri aja masaih mahal,,,,,,,,,bagaimana sistem kerakyatan,,,,yang selama ini di gembor2kan,,bagaimana juga dengan masyarakat kecil yang ingin punya kendaraan,,,,kalau fakta dilapangan seperti ini,,,,,ho ho ho

    BalasHapus
  73. Sebenernya indonesia bnyak punya orang2 pinter! tapi pengelolaanya masih amburadul.. bikin orng2 'pinter' tadi jadi 'ngambek' n memilih kerja diluar negeri karena disana meraka lebih di'hargai'! maju terus indonesiaku!
    I miss u but I hate u!

    BalasHapus
  74. oke tar pasti aku beli...........
    hidup indonesia kembangkan industri dalam negri baik elektronik, transportasi, alusista dan bahkan antariksa dan rudal hulu ledak nuklir.....................................
    biar kita gak diremehin malaysia dan negara lainnya................
    ok////////

    BalasHapus
  75. Alhamdulilah, kapan bisa dipasarkan ? seharusnya sdh kewaiban yang mengaku org indonesia utk menjual mobil jepang/eropa/koreanya dan menggantinya dg mobil buatan bangsa sendiri, kalau bukan kita yang menggunakan sekaligus memasarkan, lantas siapa lagi ? kita harapkan mutunya akan lebih baik dan lebih baik lagi...amin

    BalasHapus
  76. MINTA SPESIFIKASINYA DAN HARGANYA DONG.....
    KAPAN MOBIL BUATAN INDONESIA DI PAMERKAN UNTUK UMUM DI SEMARANG ?

    BalasHapus
  77. waw kita mempunyai mobil yang bisa jangkau pembeliannya,secepatnyalh dipasarkan,bahan bakar irit harga jual bisa dijangkau, menyanangkan sekali,
    kalau bisa saran :Untuk penampilan bodi mobil dibuat agak sporti seperti sedan atau mobil lainnya sehingga jumlah permintaan mungkin lebih banyak.karena mobil dilihat bukan dari iritnya saja penampilan jg diutamakan.trims

    BalasHapus
  78. Go Freeeeeedoooooom!!!
    Garudaku...

    BalasHapus
  79. Kapan mobnas di iklankan di TV ???

    BalasHapus
  80. Wah MANTAP mobil Indonesia, jangan kalah dengan India, wong india bisa bikin mobil seharga 24jt kok kita bikin mobil diatas 30jt...ada APA??????? ADA YANG SALAH......
    Jangan seperti dulu mobil nasional dan motor nasional dikandaskan oleh pelaku bisnis + presidennya dijatuhkan....oleh mahasiswa....sekali lagi ada apa dengan Indonesia...ada apa dengan anak muda kita....mudah-mudahan anak muda sekarang (anak muda era baru----bukan anak muda era reformasi yang kebablasan lho!) mau memajukan bangsa ini, bukan malah senang kalo rupiah anjlok terhadap dollar?!!! yang kalo rupiah menguat trus demo (th1998an)...
    BRAVO INDONESIA

    BalasHapus
  81. Iya. Tata Nano memproduksi mobil seharga US$ 2500 atau sekitar Rp 24 juta karena pembuat Tata Nano merasa kasihan melihat banyak penduduk India yang tidak mampu beli mobil, akhirnya membawa istri dan anak-anaknya naik sepeda motor yang sangat tidak aman.

    Balita duduk di depan, Bapak di belakangnya, kemudian anak-anak di tengah, setelah itu ibunya di belakang. Berapa banyak penduduk Indonesia yang tewas karena sepeda motornya kesrempet/tertabrak mobil.

    Karena harga mobil yang ada tidak terjangkau, maka pembuat Tata Nano tersebut memutuskan untuk membuat mobil yang murah dan terjangkau oleh rakyat. Pembuat Tata Nano tetap bertekad membuat mobil tersebut meski didemo sehingga harus memindahkan pabriknya serta mendapat berbagai kritik yang menjatuhkan:
    http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/03/25/09120878/tata.nano.seharga.dua.motor.bebek

    Semoga para pembuat mobil di Indonesia berjiwa seperti itu.

    Dengan produksi 250 ribu/tahun, Tata Nano dipesan jutaan orang. Bayangkan jika keuntungan per mobil rp 5 juta, maka dengan dalam setahun saja keuntungannya Rp 1,25 trilyun.

    BalasHapus
  82. Dah lounching blom?? dah dijua blom, dealernya dimanan ?

    BalasHapus
  83. Melihat design prototype mobil yg dibuat, saya menilai design-nya harus segera diperbaiki dengan membandingkan dgn disign city-car buatan Korea, China, Malaysia, Eropa dll. Indonesia akan sangat mampu mendisign mobil yang jauh lebih baik untuk bagian laur maupun dalam mobil. Untuk mendapatkan disign mobil untuk produksi perdana, harus yang terbaik dan libatkanlah dengan cara sayembara. Semoga masukan saya ini mendapat tanggapan dan merupakan masukan.

    BalasHapus
  84. mobil GEA itu di buat untuk kendaraan pribadi atau angkutan umum???
    klo mabil esemka itu belum diperjual belikan ya???

    BalasHapus
  85. Mobil buatan Indonesia sepertinya masih dalam bentuk prototype. Belum produksi massal. Untuk produksi massal butuh dana sekitar Rp 1 trilyun. Sepertinya harus ada niat baik pemerintah untuk "MEMINJAMKAN" modal.

    Sepeda motor selain kurang nyaman juga kurang aman bagi keluarga. Kesenggol sedikit saja bisa jatuh dan tergilas oleh mobil-mobil didekatnya.

    Mudah-mudahan pemerintah bersedia membantu pendanaan pabrik mobil mini yang sebetulnya sangat menguntungkan. Jika dana rp 1 trilyun, kemudian dibuat 50 ribu mobil dengan keuntungan @ rp 5 juta, maka didapat keuntungan sebesar Rp 250 milyar. Nanti dana ini bisa diputar membuat mobil berikutnya sehingga jika setahun produksinya 200 ribu mobil, didapat keuntungan bersih Rp 1 trilyun/tahun.

    Artinya pemerintah hanya sekedar meminjamkan uang Rp 1 trilyun saja yang bisa kembali berikut bunganya dalam waktu kurang dari 2 tahun.

    Kalau ini bisa, maka harga mobil di Indonesia akan murah jadi 1/3 harga biasa (karena harga mobil di Indonesia meningkat 3 kali akibat pajak impor dan juga keuntungan importir dan ATPM). Setiap keluarga jadi punya kesempatan lebih besar untuk memiliki mobil sebagaimana rakyat di negara2 maju. Lapangan kerja juga terbuka.

    BalasHapus
  86. Alhamdulillah Indonesiaku trus berkarya jangan samapai dremehkan terus,..ayo maju Garuda terbanglah yg TINGGI.
    ..Jika Sdh di pasari mobil produksi PT Inka ( mobil GEA )
    Tolong kabari saya ya..please..trims.

    BalasHapus
  87. dimana sya harus membelina?Org semarang yg deket'' ja yar belina ga kejauhan.Dealerna mana?

    BalasHapus
  88. Alhamdulillah.. Indonesia sudah bisa merakit mobil sendiri..
    Ini merupakan kemajuan.. Pertahankan terus ya.. Saya mendukung.. "Go Indonesia.."

    BalasHapus
  89. Ass.Wr.Wb
    Terima kasih kepada para pemerhati kemajuan bangsa Indonesia dalam konteks Mobnas ( Mobil Nasional ).
    Masukan,ide,saran, maupun kritik telah kami terima dan akan kami proses dan
    kembangkan, guna terciptanya DESAIN MOBNAS yang handal.
    Kami berencana membuat GEA sebagai kendaraan mikrocar yang :
    - Ekonomis & Kompetitif( harga lebih murah dan bersaing )
    - Dinamis ( Perubahan desain )
    - Aman ( Safety Car All )
    - Nyaman ( Lega / Luas / bisa enjoy )
    - Ramah Lingkungan ( lolos Euro II )
    - Dual Fuel ( Gasoline & Bio Gas )
    - Di cintai masyarakat INDONESIA

    Kami sebagai produsen sangat berterima kasih atas
    semangat,partisipasi,dukungan baik moril maupun spirituil kepada kami
    PT.INKA di Madiun

    Salam kompak dalam membuat Mobnas

    Wass.Wr.Wb

    Djon Kristanto ( Sub Kontraktor Bangnis PT.INKA Madiun )
    Hp 081 335296556
    Fax 0351452275
    Email : djon@inka.web.id

    BalasHapus
  90. Terimakasih pak Djon.
    Untuk dual fuel, jika nanti biayanya naik signifikan, jangan dipaksakan dulu. Bisa belakangan.

    Untuk pendanaan misalnya pembangunan pabrik, pembangunan outlet penjualan, dan kredit pemilikan mobil mudah2an bisa bekerjasama dgn Bank BUMN seperti Mandiri atau Bank Syari'ah.

    Bisa dipertimbangkan kerjasama penjualan dan servis purna jual dgn pemilik2 bengkel yang ada. Minimal di sana dipajang satu mobil contoh dan satu brosur untuk pilihan warna. Kalau sudah pesan, nanti pusat penjualan INKA yang mengantarkannya.

    Sebagai pemakai saya ingin mobilnya irit (1 liter>=20 km), murah (<Rp 50 juta/150 gram emas), ada AC, top speed minimal 100 km, service purna jual OK, kalau bisa compatible dgn komponen dari merek lain. Bisa muat 4-5 penumpang.

    Selain itu banyak blogger di sini yang komentar desainnya kurang bagus. Padahal desain bisa jadi satu faktor pendongkrak penjualan. Desain mobil yang bagus contohnya adalah mobil Honda Jazz atau Tata Nano yang terbukti laku di pasaran.

    Ada baiknya PT INKA menyediakan uang Rp 50 - 100 juta untuk hadiah Lomba Desain Mobil Nasional GEA sehingga bisa didapat desain mobil yang terbaik. PT INKA tinggal memberi spec lebar, panjang, dan tinggi dari kasis dan mesin Mobil yang ada sehingga para desainer bisa membuat desain yang cocok.

    Insya Allah para Blogger dan pemilik Website yang turut komentar di sini bisa membantu penjualannya.

    BalasHapus
  91. Yupz,ini langkah yang baik oleh pt inka.. Mobil2 baru yg beredar d indonesia mahal2.. Orang harus korup dulu bwt beli mobil, kl ga ya pake motor aj truss.. Paling banter mobil bekas terus.. Cobo saudaraku setanah air bayangkan, kt akn sangat bahagia kalo petani juga bisa pny mobil..
    Indonesia.. I love u full

    BalasHapus
  92. sukses indonesia bisa lebih kreatif bisa bikin mobil lebih hemat BBM, tapi sayang nya bodi nya kurang bagus menurutku,coba lagi desain nya yang lebih wah biar laku baik di dalam negri atau bisa di pasar internasional.

    BalasHapus
  93. mobil jelek bangat, tapi gak apa baek untuk maju bangsa indonesia

    BalasHapus
  94. assalamu'alaikum..alhamdulillah..tahniah kepada warga Indonesia...saya percaya kereta ini akan mendapat permintaan tinggi di pasaran indonesia.semoga kereta ini terus sukses..

    BalasHapus
  95. alhamdulilah indonesia dapat semakin maju terutama dlm bidang industri mobil .semoga dapat menjadi industri mobil
    yang dapat menguasai industrimobil di dunia

    BalasHapus
  96. tahniah saudara-saudara di Indonesia..Kancil...macam pernah dengar brand itu.. ;-)

    BalasHapus
  97. kira-kira bkin yg bodynya kayak mobil classic bs gak ya?! eh, mksdnya ada apa gak !! lumayan buat nambah koleksi.....hehe

    BalasHapus
  98. klo boleh bikin body mobilx seperti kodok V W.
    pasti keren dan klasik yg mewah.

    klo bisa bikin mobilx berbahan bakar hidrogen.
    jd tgl ganti airnya yg baru bla airx dh kotor bngt or mo abis..

    kan lumayan meringankan beban pengeluaran.
    alias G beli bensin lg.

    ^_^

    BalasHapus
  99. ne ada forum yg menjelek2kn karya anak bangsa kita ( bangsa indonesia ).

    berasal dari forum malaysia.

    http://www.topix.com/forum/world/malaysia/T5GNMFTENCL27NQ3C

    BalasHapus
  100. Luar biasa, maju terus dunia otomotif Indonesia!
    *info mobil bekas

    BalasHapus
  101. salut buat pt inka, mari kita sukseskan dengan beli produk dalam negeri.....dan akan lebih senang jika smk diajak kerja sama.....( from tarman SMK N 2 Karanganyar,Jateng)

    BalasHapus
  102. kapan ya GEA diluncurkan ? sampai sekarang belom ada kabar2nya

    BalasHapus
  103. aku ingin membeli mobil murah tersebut yg ada di berita atas tapi bisakah kasih tahu di mana show room dan daeler yg ada di jakarta

    BalasHapus
  104. Salut pada bangsaku,ternyata kalian maju.bila perlu semua kebutuhan kita,kita buat sendiri.Kpd pemerintah diharap dukungan sepenuhnya dan jika mungkin import kendaraan dihentikan sehingga kita semakin maju.Lebih baik kebutuhan sendiri dicukupi sendiri.jika ada untung kita nikmati sendiri.Insyaalloh bangsa ini sejahtera setara negara maju lainnya.

    BalasHapus
  105. Saya berminat dengan mobil buatan anak indonesia ini tapi saya berkesusahan menemukan alamat penjualan mobil tersebut, dan bagai mana caranya saya bisa menghubungin alamat lengkapx shorum GEA ini ?...
    asli saya sangat berminat banget apa lagi saya tinggal di kaltim,samarinda....
    klo bisa secepatx yah ksi kbar buat kami semua peminat mobil GEA....

    BalasHapus
  106. Hmm, Sbg Rakyat Indonesia Sy Bangga Indonesia Mmbuat MobiL sendiri. Tapi Klo Bisa Trobosan2 Berikutnya, MobiLnya Yang Kwerenan Donks, Biar Di Bawa Kmana2 Kgk Malu.
    Contoh Ringan Mobil Yg Bisa Untuk Keluarga Dunks..
    Klo Keluarga Byk Qt Gk Mungkin Naek MobiL SekeciLL Itu....
    Tapi 1 Hal Yang Sy Yakinkan Untuk Indonesia
    Sy Yakin Indonesia Pasti Bisa Menciptakan Trobosan2 Yg BerKualitas Nantinya.
    Jadi,Teruslah Berjuang Indonesiaku Tercinta....
    Jgn Menyerah,Teruslah Berjuang dan Berdoa....
    " INDONESIA PASTI BISA"

    BalasHapus
  107. mana pemerintah ini kok gak gerak gerak??? kalah sama kartel otomotif kah?

    BalasHapus
  108. kalo saya mau beli,,,gmn cara'a???suku cadang'a n bengkel'a dmn???

    BalasHapus
  109. Saya senang tahu info ini, kalau bisa pejabat jangan pakai produk Toyota Royal Banget yang harganya 1,3 M. Pakai mobil Prod. Dlm Neg sj. 1,3 M bisa beli berapa mobil INKA tuh ? Hemat dan cinta prod. dalam negeri kan? Maju terus INKA , saya tunggu mobilnya yang murah, irit, modelnya tapi perlu diperkeren. OK !

    BalasHapus
  110. wah...boleh tu saya mau coba...
    bisa beritahu saya bagaimana mendapatkannya..???

    BalasHapus
  111. udah dipasarkan belum yah ? tertarik nih buatan putra bangsa musti di dukung dengan pembelian .
    semoga makin banyak produk putera bangsa dan kualitas internasional harga lokal
    itu udah mantap deh .
    kalua udah dipasarin kabarinya , mau antri lihat siapa tau bisa beli

    BalasHapus
  112. Kalau bisa launchingnya jangan lama-lama karena kalau nggak bisa keserobot sama cina product. Minta SBY tekan DPR biar bisa segera launching. Jangan jangan kalian dipermainkan oleh cukong-cukong besar. Trus semangat ya langsung aja launching kalau perlu minta dukungan di facebook biar pemerintah segera setuju di jual di masyarakat

    BalasHapus
  113. menurut saya sebaiknya supaya mobil pruduksi indonesia ini populer
    di kalangan masyarakat, buat sebuah perusahaan yang dikelola oleh gea untuk menggantikan bemo/bajaj......
    atau dijual kepada masyarakat sebagai pengganti bemo/bajaj mereka.....
    sekarangkan bemo/bajaj sudah dilarang di ibu kota kita yaitu jakarta......!
    Agar masyarakat yang berfrofesi sebagai supir bemo/bajaj bisa mencari nafkah kembali................!
    saya harap saran saya dapat diterima/dipertimbangkan oleh semua pembaca......
    atau orang yang bersangkutan (GEA/INKA).......
    thank`s for you atention.........!

    BalasHapus
  114. NICE..mudah2an nanti anak SD udah di ajari merakit PC...kunjung balik ya...

    BalasHapus
  115. Sangat senang atas innovasi kreasi2 anak bangsa,,kami berharap pemerintahkan semoga pemerintah mendukungnya.jika perlu info tentang AUTOMOTIF(toyota dan lexus) bisa hubungi aku..ayo,,tambah semangat

    BalasHapus
  116. hubungi kemana kalau saya ingin memesan mobil merk PT. INKA yang dibwah harga 40 juta, thks

    BalasHapus
  117. boleh dengan cara kredit selama 3 tahun ?? Tolong segera hub saya di 085714698419

    BalasHapus
  118. jadul amat tu mbil yah apa-apa pasti serba diiritkan pantes itulah ciri khas masyarakat indonesia modal sedikit hasil krang mnarik. jngan mrh lo ......................he.....he........he.

    BalasHapus
  119. maju terus berkreasi terus... hemat bahan bakar fosil.. tingkatkan kenyamanan.. keamanan.. kesehatan... hilangkan naik motor ber 4.. angkut muatan berlebihan pake motor, walaupun sbenernya pake mobil juga ga boleh..

    BalasHapus
  120. saya bangga Indonesia saya cinta indonesia tapi itu cuman sekedar syair lagu maupun puisi tapi prakteknya korupsi dimana2....
    untuk menjadi bangga mencinta produk sendiri kayaknya indonesia sampai dunia kiamatpun selama korupsi masih merajalela akan tetap cuman sebagai syair semata....
    maju terus anak bangsa ..... jgn mau ikut korupsi mau jd apa anak cucu kita................................

    BalasHapus
  121. buat PT INKA kapan mobil a di produksi scr masal. tlg a bodi a dibuat yg bagus kayak mobil sedan . agar rakyat cinta am produk indonesia

    BalasHapus
  122. berjuang lah bangsa q,wat PT.INKA model mbilnxa klu bs mirip honda jazz,kijang innova,ford ranger.klu bs bikin mobil tuh harus berbagai tipe seperti sport car,family car,and touring car.jd custumer bs memilih funsi dan kegunaanxa,pemerintah harus dukung ini krn klu sampe jd sukses patikan butuh tenega kerja lg.masak indonesia kalah ma malaysia.malaysia aja dah bikin PROTON,pemasaranxa dah masuk indonesia lg?

    BalasHapus
  123. ass.

    sukses deh anak anak negri saya salut dengan kalian semua pastinya untuk kita bisa maju dalam hal penjualan mobil tersebut haus didukung oleh penguasa pemerintah kita bila sampai saat ini tak ada dukungan ajukan saja ke komunitas facebook atau pemilik web web untuk buat gerakan dukung PT INKA agar didanai pemerintah dalam hal memajukan bangsa.
    good luck jika sudah di launch saya tertarik juga memiliki mobil nasional jangan mau kalah dengan tetangga, buat desain mirip pabrikan honda,spt jazz atau freed yang baru mereka lauch. maju terussssss PT INKA kami rakyat indonnesia mendukungmu.

    BalasHapus
  124. kalo dibilang kemajuan, kita mundur krn kita sdh bs buat pesawat dan kapal laut. nah skrg br buat mobil, tp payah body nya culun banget, bs jadi bahan ketawaan org di jalanan tuh...; coba bodynya spt Jazz atau swift atau min = katana, pasti banyak peminat tuh. jgn cm asal nutup aja, kotak buah juga diroda in jd mobil tuh, hahaha....

    BalasHapus
  125. tak tunggu realisasi nyatanya aja.kalau hanya wacana ogah ach udah bosen

    BalasHapus
  126. Boleh dikata rakyat banyak justru butuh mobil yang bagus dgn harga terjangkau. Jarang ada yang mau beli pesawat/kapal.
    Jadi harusnya pemerintah mendukung industri mobil.

    Karena memang umumnya badannya kecil, paling banter sebagus Tata Nano.

    Idealnya memang pakai desainer mobil yang handal agar model mobilnya tidak malu-maluin untuk dibawa.

    BalasHapus
  127. Ayo trus kembangkan mobil 100% buatan Indonesia. Kalau bisa model harus lebih diperhatikan karna pembeli rata-rata pertama kali melihat dari model yang ditawarkan.Makasih

    BalasHapus
  128. Saya termasuk orang yang kurang sadar betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia sekarang dan masa depan. Semenjak Isu global warming membumi, saya semakin takut klo bumi akan meledak, meteor berjatuhan, kiamat namanya.

    Sekian juta tahun lingkungan "mengabdi" kepada manusia, dikeruk kekayaan alamnya, dibolongi lapisan ozonnya... manusia2 sekarang yang terlambat sadar bahwa dia harus berterima kasih pada lingkungan sudah saatnya bergerak, untuk berterima kasih pada lingkungan...

    polusi transportasi menjadi salah satu sumber rusaknya bumi ini, saya menyarankan mari kita buka hati untuk bumi kita... kasian bumi ga pernah kita bela selama berjutan tahun.... org2 pintar ciptakanlah mobil bertenaga ramah lingkungan. ex: baterai atau tenaga matahari misalnya.... tapi juga ga boleh asal... harus komprehensif... ex: kadang ada orang yang mau peduli lingkungan dengan cara beli mobil yang ramah lingkungan... tapi kalo mau beli kendaraan ramah lingkungan ternyata bentuknya mobilnya kampring? mana ada yang mau beli... jangan mentang2 kita peduli lingkungan yang ditonjolkan lantas mengabaikan aspek kemenarikan pangsa pasar atau packaging... misi peduli lingkungan ga akan kecapai kalo begitu...

    Kita berbicara kata "massal" disini... harus bisa dipakai semua orang, jangan tanggung2 bikin teknologi... tidak cukup dengan hanya kalimat peduli lingkungan saja untuk mencintai dan memelihara lingkungan...

    NB: saya mengkritik termasuk mengkritik diri sendiri
    terima kasih

    BalasHapus
  129. mobil esemka kenapa harus dibuat dengan cc besar ?? seharusnya dibuat 1000 cc ke bawah biar irit, apalagi yg disasar adalah untuk kep sekolah dan guru2. Kalao untuk pasar umum pasti mobil ini kagak laku. krn pasar pasti milih yg sdh bermerek utk cc besar spt inova

    BalasHapus
  130. mobil esemka nya mayan keren tuh mas...tp sayang keknya kemahalan deh harganya...

    BalasHapus
  131. sby tak mungkin bs mewujudkan16 Juni 2010 pukul 01.52

    kurasa perjalanan mobnas akan terganjal oleh pemerintahan kita sendiri. biasalah disogok sama2 cukong pengusaha mobil yg sudah ada sekarang.....itulah sifat 2 manajemen pemerintahan yg ada sekarang maunya kenyang sendiri ngumpulin uang tuk tujuh keturunan

    BalasHapus
  132. Mas,gimana caranya orang indonesia mau beli mobil-mobil buatan dalam negeri itu ??? ap udah ada dealer resminya atau harus di pesan dulu ????





    jujur saya sebagai salah satu siswa SMA Negeri di Palembang bangga atas pencapaian itu....semoga aja mobil-mobil buatan dalam negeri itu dapat bersaing dengan mobil-mobil impor,dan dapat menembus angka penjualan yang melebihi produk sejenis yang berasal dari jepang,amerika,eropa, kalau bisa kita yang EKSPOR ke mereka


    mohon di tanggapi,,,

    BalasHapus
  133. wah,kalau harganya masih 40- 50 juta itu masih mahal bung.
    dengan harga segitu hanya orang2 kaya saja yang mampu beli tuh mobil.lagian mobilnya juga standar,toh pasti mereka lebih memilih mobil yang lebih compleks.coba di jual dengan harga Rp 15 jutaan pasti banyak peminatnya.jangan kalah sama india dan cina donk.di india saja ada tata nano yang muat untuk 4 orang dan itu di jual dengan harga 20 juta.dan baru2 ini cina mengeluarkan mobil paling murah di dunia dengan bandrol harga Rp 5.600.000.http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3453111

    kesimpulanya apa:

    pemerintah india dan cina lebih memperhatikan rakyatnya dari pada uang.

    Kapanya negara kita bisa begitu?????????mungkin itu hanya mimpi........

    BalasHapus
  134. Yah dibanding harga mobil yang sekarang di atas rp 100 juta, harga Rp 40-50 juta itu masih murah dan terjangkau.

    Yang penting industri mobil lokal jalan dulu seperti di India, Cina, dan juga Iran. Nanti kalau banyak industri mobil lokal, mereka juga akan bersaing harga.

    Toh Cina baru bisa mengeluarkan mobil paling murah setelah mereka bertahun2 mengembangkan sendiri industri mobil mereka.

    BalasHapus
  135. mobilnya kasar jauh dari artistik, futuristik,ergonomis dan presisi. apa yang mau di banggakan ? mobil buatan eropa 100 thn yang lalu jauh lebih bagus dari mobil made in indonesia thn 2010....

    BalasHapus
  136. Ibarat bayi, ya kita tidak bisa mengharapkan dia berlari lebih cepat daripada pelari internasional seperti Carl Lewis. Dia harus berbaring dulu, merangkak dulu, berjalan, baru berlari.

    Kendaraan India pun dulu jelek2 seperti Bajaj. Begitu pula mobil Peugeot 504 buatan Perancis.
    http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/87/Peugeot_504_saloon.jpg

    Toh sekarang mobil India seperti Tata Nano lumayan bagus. Begitu pula mobil Peugeot sekarang.

    Memang model Mobnas kita masih harus diperbaiki. Meski demikian, hendaknya kita tetap memberi saran yang konstruktif.
    Balas

    BalasHapus
  137. nah gito donk indonesia....oh ya klo utk body bikin yg lebih keren lagi scara orang indonesiakan jago dalam modifikasi knpa g' pakei konsep itu aja biar keren gitu loh...!!!!!!

    BalasHapus
  138. @ yes dasar loe g' bisa menghargai karya anak bangsa,....jijai gw liat lo emang loe bisa apa buat indonesia..apa yang dah loe perbuat utk indonesia...!!! ttp berkarya putra putri indonesia.......!!!!

    BalasHapus
  139. memang ga 100% buatan indonesia tp itu cuma aki ma lampu n ban..untuk rencana tanggal 17 agustus ini mo di pasarin...ayo buat para bloger yg cinta produk indonesia tunjukin lah terserah pake acara apa aja yg penting ada niat ntah itu beli /sekedar suport kl bisa sih beli hehehe kl ada uang sih...kl gada uang bisa ko dgn cara lain misalkan arisan di sekolah/kampus .yuk tunjukin ke pejabat2 pemerintah kl yg di bawah lebih peduli

    BalasHapus
  140. gmn klu diluar pulau jawa buat pabrik rakitannya...kan banyak tuh traktor dari jawa ke makassar....trus harganya yg bs org kecil miliki..nyicil lagi...hayooo anak negeri tunjukin kemampuanmu & pemerintah jgn tinggal diam sebelum anak negeri di beli oleh bangsa asing...!!!!

    BalasHapus
  141. by jabon

    namun haraga memang setara dengan bodyny a.

    BalasHapus
  142. WAH,HEBAT INDONESIA..WALAUPUN AKU GAK BISA BELI KRN GAK MAMPU,TAPI SAYA BANGGA,,DARI PADA LIAT JALAN DIPENUHI MOB BIKINAN JEPANG,&EROPA..MENDINGAN PENUH SESAK MOBIL BIKINAN NDIRI,,,YANG MURAH AJA harganya..CONTOH NOK ama NEXIAN,atau HP LOKAL LAINYA...sekarang NOK ngikutin Harganya HPlokal

    BalasHapus
  143. Buat YES..JAGA MULUTMU,.TOILET UMUM LOE

    BalasHapus
  144. Gw yakin mobil nasional bakal naik daun...gw termasuk pendukung pruduk nasional .Hidup Indonesia......, tp masalahnya , di indonesia masih banyak pihak yg lebih memilih jadi "calo" produk luar ( khan lumayan dapat uang dari ngurus birokrasinya ) ketimbang jadi distributor produk lokal yg ngga ada duitnya....

    Kali....

    BalasHapus
  145. Sebenarnya kita lho bisa. Ayo maju terus Indonesia

    BalasHapus
  146. mobil ini bukan untuk bajay, becak. atau angkot.
    ini juga pantas untuk mobil dinas, perusahaan yang siap guna.

    jangan gunakan kata manis. untuk karya yang pantas dikembangkan. MAJULAH INDONESIAKU, tak ewangi karo Ndongo..... Bismillah...

    BalasHapus
  147. Kalau sudah dipasarkan UPV nya, saya siap beli ...
    Kenapa ??? KARENA BUATAN INDONESIA ...

    PEMERINTAH JANGAN HANYA DIAM !!! BANTU DENGAN TINDAKAN BUKAN CUMA KATA MANIS !!!

    BalasHapus
  148. Kalo INDUSTRI OTOMOTIF INDONESIA nga bergerak lebih cepat dan selalu nga mau ambil resiko dalam dunia bisnis, dijamin negara kita hanya jadi pasar mobil dari luar negeri dan kita hanya sasaran empuk produsen diseluruh dunia.

    AKIBATNYA : segala harga jadi mahal, ekonomi kita tidak mandiri, jika terimbas krisis, ekonomi kitalah yang akan anjlok ...
    KEUNTUNGAN SENGAT BESAR : Bayangkan jika semua komponen bangsa ini disatukan dan diarahkan dengan baik, kita sudah punya pasar, kita sudah punya material SDA, desainer kita banyak yang kreatif, jika Pemerintah Melek secara ekonomi saya yakin keuntungannya SANGAT BESAR, tidak hanya dalam jangka pendek bahkan untuk jangka Panjang ....

    BalasHapus
  149. kasih info aja, tata nano dipasarkan dithailand 3x lipat dari hrga asal di india sana..yang berarti sekiitar 75juta rupiah..tu pun fiturnya standar bgt, ac n power window kagak ada apalagi air bag dan segala macemnya..
    kesimpulannya menurut gue mobnas gea tetep bisa bersaing dgn mbil2 mungil negara berkembang lainnya..
    thanks yup,

    BalasHapus
  150. Betul.
    Jika kita cuma impor mobil, maka harga mobil akan mahal dan tidak terjangkau.
    Tata Nano yang harganya Rp 25 juta, jika diimpor ke Indonesia bisa jadi Rp 75 juta karena bea impor dan margin untuk distributornya.

    Sebaliknya harga mobil lokal yang Rp 50 juta/unit bisa jadi Rp 40 juta bahkan lebih murah jika diproduksi massal hingga lebih dari 100 ribu unit/tahun.

    Pemerintah juga harus meminjamkan Rp 10 trilyun untuk 3 produsen mobil Indonesia seperti INKA (Kancil dan GEA), Komodo, dan juga produsen mobil lokal lainnya sehingga industri mobil Indonesia berkembang, ratusan ribu lowongan kerja terbuka, menghemat devisa, serta membuat harga mobil jadi terjangkau oleh rakyat. Dengan mobil Indonesia yang irit dan murah (cuma Rp 50 juta), maka perekonomian Indonesia jadi lebih kompetitif. Harga2 barang lainnya bisa terjangkau oleh rakyat.

    Jepang, Korea, Cina, India, Iran, bahkan Malaysia sudah bisa bikin Mobil. Kapan Indonesia?

    BalasHapus
  151. BTW, Komodo jika bisa dimodifikasi hingga muat 4 penumpang dan dilengkapi dengan kaca dan fiber agar tertutup akan lebih menarik lagi sehingga bisa dipakai di kota. Lebih aman jika penumpangnya meninggalkan mobil di tempat parkir.
    Lumayan buat antar-jemput anak sekolah hingga lebih aman ketimbang dengan sepeda motor.
    Artikel mobil nasional ini sudah dibaca sebanyak 28 ribu kali lebih dengan 150 komentar lebih. Sebagian ada yang tanya di mana tempat jualnya. Jadi minat rakyat Indonesia cukup besar.
    Kalau perlu, situs ini bisa dipakai sebagai portal untuk order mobil2 nasional tsb.

    BalasHapus
  152. Salut untuk INKA. Sebenarnya kalo mau serius menggarap mobnas dari dulu, kita sudah punya mobil2 produk dalam negeri sekelas avanza / xenia karena kita ini kaya SDM yang terampil dan inovatif. Teruskan dan lanjutkan kiprah mobnas, dan saya amat sangat ingin membeli mobil gea, cuma kenapa ya kok pembeli perorangan tidak dilayani..?? padahal, yakin mobil ini akan laris kalo bisa dijual ke perorangan, apalagi kalo nanti keluar produk 1000cc dengan harga 50jt-an...pasti dehh...laris manis tanjung kimpul, dan masyarakat kita akan makin bahagia menggunakan produk dalam negeri. Salam...

    BalasHapus
  153. Kalau sekarang buat Mobnas adalah perjuangan yang jelas memerlukan modal diatas 3 milyard USA, modal akan cepat kembali kalau produk berkwalitas ( pasti laku)

    BalasHapus
  154. Bagus
    menurut saya,untuk kota besar butuh citycar.mungkin sebesar karimun,atoz, kalo jazz kegedean,hehe.mesin....nah ini dia, menurut saya gk selalu cc kecil lebih irit,itu memang perlu riset,tentunya lebih mengutamakan TORSI dari pada daya kuda,itu tentu demi kejar irit,sistem injeksi tentu lebih pas mengatur bbm ujung2nya hemat bbm.
    desain....nah ini dia,kayaknya kebanyakan orang Indonesia suka mobil yang
    1.muat banyak,hehehe,mungkin kakek nenek om tante pakde bude adik kakak papa mama bisa keangkut semua biar rame di mobil kali ya?
    2.desain yang bagus,ini agak rancu juga yang gimana,contoh jazz ternyata lebih diminati dari pada yaris atau swift.bisa juga dari merk ya?hehhee.tapi harga bekas jazz tinggi tapi banyak yang cari lo!jadi menurut saya desain itu pengaruh
    3.irit (tentu aja,itu kenapa avanza xenia laris manis ngalahin kijang kapsul)
    4.perawatan mudah onderdil murah dan mudah
    5.bisa anda tambah
    harapan sih jangan kalah sama produk cina ya

    BalasHapus
  155. i proud of Indonesia.............
    hidup indonesia tercinta......
    lanjutkan dan kita doakan semoga berhasil....
    kita kuasai dunia

    BalasHapus
  156. apakah pemerintah benar2 mendukung..mobil indonesia ,,toyota,honda dkk,,pasti rontok..tapi apa pemerintah mendukung 100%....minimal manager pabrik mobil indonesia adalah seorang mafia yg di segani & mbela produk anak bangsa...apa ada yg berani?

    BalasHapus
  157. jujur saja saya sangat suka produk bikinan rakyat indonesia..tapi saya sangat kecewa thd org2 yg membikin keadaan yang seolah2 bikinan indonesia tidak bermutu( dgn cara membikin tiruanya dgn kualitas jelek) dan disebarkan ke masarakat duluan.....

    BalasHapus
  158. Kapan ada mobil tata nano masuk ke Indonesia....???? Kalo ada sy mau beli utk keperluan operasional dan keluarga.... Aneh ko di Luar Negeri Mobil pada murah2 tp kalo di Indonesia ko mahal2, kenapa ya? Mungkin Pejabat kita KORUPSI DI BIDANG PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) bm (BARANG MEWAH).... HANCURLAH NEGERA INI KALO MENTAL PEJABAT KITA SEPERTI TIKUSSSSSSSSSS..........!!!!!!!!!

    BalasHapus
  159. yap... majulah indonesiaku...
    kamu adalah yang terbaik..
    kalahkan industri otomotif jepang...
    buat indonesia menjadi negara yang maju dalam otomotif dengan produk-produk yang diberikan...ok?..

    BalasHapus
  160. Dulu produk buatan Jepang juga dianggap remeh. Nyatanya sekarang produk Jepang seperti AC, TV, Jam, bahkan Mobil merajai Indonesia mengalahkan produk AS. Bahkan Laptop Toshiba dianggap paling bergengsi.
    Demikian pula Bajaj buatan India saat ini makin bagus dan bagus. Korsel, Malaysia, Cina, dan Iran juga sudah bisa bikin mobil sendiri.

    Jika Indonesia bikin mobil sendiri, maka harganya bisa 1/3 mobil yang ada sekarang karena saat ini mobil yang ada rata2 3 x lipat dari harga aslinya karena 1 untuk pabrik mobil, 1 untuk distributor mobil, 1 lagi untuk pajak. Jadi kalau Indonesia bisa bikin mobil, harganya paling antara Rp 40-50 juta jika sudah efisien/mapan.

    Pemerintah harusnya mengucurkan pinjaman @ Rp 2 trilyun untuk 3 produsen mobil terbaik agar industri otomotif Indonesia bisa jalan.

    BalasHapus
  161. Indonesia Paling bisa bikin mobil Barbar......???? karena bodinya kurang yahuuut kalah sama model yang lagi nampang bikin iklan,...

    BalasHapus
  162. ayo...maju pemuda indonesia...maju terus..kepakan sayap garuda....mu...

    BalasHapus
  163. PENGEN BELI....!!!
    Karena Cinta Produk Indonesia...

    Tapi...,
    Gimana dg jaringan servis, bengkel resmi dan suku cadangnya...?

    BalasHapus
  164. Setuju kalau modelnya yang di upgrade lagi. Soalnya indonesia sangat interes dengan disain, karena sudah kulturnya begitu.

    BalasHapus
  165. Harganya jangan terlalu jauh dengan Nanonya India dong (25 jt). Beda-beda 5 juta bisalah. jangan terlalu jauh bedanya. Masa India bisa kita tidak bisa.

    BalasHapus
  166. Wahhhh.... Saya bangga sekali dengan teman-teman ini yang bisa menciptakan dan berkreativitas menjadi produk kebanggaan masyarakat Indonesia dengan munculnya mobil mini... Tapi saya sangat tidak bangga kepada pemerintah bila tidak mendukung karya ini, jangan sampai karya anak bangsa ini didukung luar negri dan dibelinya.
    Sbenernya ini trobosan yg sangat membantu kemacetan di indonesia serta membantu keborosan BBM di indonesia bahkan di dunia...
    Semoga Tuhan memberikan jalan serta melancarkan produk ini sampai terkenal di dunia.. Amin.. Berharap pemerintah mendengar, mendukung dan membiayai..

    BalasHapus
  167. rasanya seneng juga indonesia punya mobil sendiri, tapi ko modelnya itu lho...masih jauh dari harapan, kurang enak dilihat, padahal di indonesia itu manya modifikator handal, apa ga minta masukan dari mereka,

    BalasHapus
  168. Bangga jadi orang Indonesia, Potensi manusia-manusia yang berkualitas tinggi. Mobil kita sudah bisa tembus pasar Belanda, PRESTASI luar biasa. Salut buat PT.INKA dan SMKN 10 Malang.

    BalasHapus
  169. kembangkan KREASI MU......
    HIDUP INDONESIA KU

    BalasHapus
  170. bumbata pemerintah...buka mata buka telinga wahai pemerintah.knpa sulit hanya mengucurkan dana pinjaman modal pdhl itu utk kemajuan otomotif indonesai agar indonesia di akui oleh dunia.jgn hanya cpt mengucukan dana yg tidak pnting dong, sprti pengucuran dana utk pembangunan gedung dpr ri.lbh baik kn dananya utk prindustrian kita (PT. INKA)..
    tersu berjuan PT. INKA, kami rakyat indonesia selalu mendoakan mua agar tetap trs brjaya dan berkembang.insyaallah akan ada peminjaman dan entah itu dr pemerintah atau dr investor...bumbata pemerintah RI!!!!!!!!!!!dan jayalah selalu indonesia ku........

    BalasHapus
  171. kubangga dgn mobil nasional hayo mana gra dipasarkan ga sabar pengen beli rasanya

    BalasHapus
  172. Saya ingin CEPAT BELI !!!

    BalasHapus
  173. loh... kalo ga bisa dikritik, kapan lagi bisa maju? koq modelnya amat jelek sekali yah... gue ga mau jadi supir nih mobil... memalukan...

    BalasHapus
  174. Tata bisa dijual seharga 25 juta di india... kenapa gea ga dijual 25 juta aja di indonesia? mengapa ya?

    BalasHapus
  175. mudah mudahan mobnas melaju pesat dan mobil impor dihentikan biar jalan nya agak lambat tapi irit dan ini cocok untuk kota besar karena parkir irit tempat akan tetapi bagai mana dengan kekuatan body nya? jangan jangan kesenggol dikit rontok nah keselamatan pengemudi piye mas. mudah mudahan pemerintah memberi pinjaman dana untuk biaya produksi, kan uda ada pesanan banyak tu,harus nya didukung, tapi pihak yang bersangkutan jangan KORUPSI !. monggo mas

    BalasHapus
  176. Warga Negara Indonesia22 Februari 2011 pukul 06.51

    Saya Mau Beli Gan

    BalasHapus
  177. Pengiiin beli …
    Kalau bisa gak jauh dari harga tata nano .
    Aku yakin masyarakat menengah akan menyukai produk ini dan jadi kebanggaan keluarga indonesia .
    Maju terus pt. Inka , esemka , arina dll . Selalu dinamis mengikuti perkembangan tekhnologi , kreatif dan inovatif dalam design , kualitas , tekhnologi .
    Maju terus indonesiaku……!!!
    Bangga produk dalam negeri !!!

    BalasHapus
  178. Bravo !!!
    Mantap Bah !!
    Negeriku sudah makin berkompetisi dalam Industri mobil. Gitu lah.. Bangga kita jadinya !
    Mobil Nasional kita pasti punya Model Futuristik, banyak kok Putra-Putri Indonesia yang Jagonya dalam design.
    Singkatnya ..., Launching Secepatnya ya!
    Sukses !

    BalasHapus
  179. TOP MARKOTOP. SUDAH SAATNYA INDONESIA JAYA DALAM EKONOMI. SAYA TUNGGU DIPASARKANNYA MOBIL PRODUK INDONESIA INI

    BalasHapus
  180. Alhamdulillah ya, Indonesia sudah bisa buat mobil, tapi apa bisa mobil Made in Indonesia ini menjadi kendaraan di negerinya sendiri ?
    hanya masukan, "model bodi" bisa kok dipercantik ke model jaman sekarang (alias ga jadul)

    BalasHapus
  181. mana penjualanya kok cuma bisa bikinya aja ? bilang ama pemerintah tuh suruh kembangkan dari pada duitnya di korup ama yg di jakarta

    BalasHapus
  182. singgihgumilang yechselalu16 Maret 2011 pukul 22.10

    wah.............
    keren tu mobil arina,
    kira'' klw msuk ke gang rmahku bisa atau tidak ya........????????????????????

    BalasHapus
  183. like this, bangkit lah Indonesia

    http://pobersonaibaho.wordpress.com/2011/03/19/made-in-indonesia-luar-biasa-bangkitlah-indonesia/

    BalasHapus
  184. sudah seharusnya pemerintah menyambut dan memfasilitasi supaya karya anak bangsa dapat lebih dikenal lagi dan go internasional. jika kita sendiri tidak dapat menghargai karya bangsa kita sendiri, ya jangan harap akan dihargai bangsa lain.

    BalasHapus
  185. Hebat anak smk bisa bikin mobil, bagaimana dengan anak smk yang lain, jangan asal lulus dan nilainya gede doang, imbangkan dengan keterampilannya supaya negara kita maju, jangan tinggal enaknya import mobil, kita buat mobil produksi dalam negri. pesawat terbang bisa buat, masa mobil nggak bisa

    BalasHapus
  186. hebat juga indonesia, Alhamdulillah top markotok!

    BalasHapus
  187. wah .. mobil aku pengen punya pesawat sekarnag he he he


    by jasa ekspedisi

    BalasHapus
  188. salut buat anak anak smk 10 malang...tapi kalo bisa modelnya bagusin dikit dong biar lebih menarik...hehehe ...salut salut salut

    BalasHapus
  189. TAMPILAN BARU NEW GEA,, ASLI 100% MADE IN INDONESIA,, SDH TDK SPRT GMBAR DI ATAS,,, JAUH,,SANGAT JAUH LEBIH CANTIK,, GAMBAR DI ATAS HRAP SGR DI GANTI,, BAGI YG PNASARAN TAPILAN NEW GEA,, BISA KONTAK SAYA DI yn1881@gmail.com JAMIN ANDA AKAN DI BUAT SEOLAH TAK PERCAYA.

    BalasHapus
  190. TAMPILN NEW GEA,,, MOBIL ASLI 100% MADE IN INDONESIA, SDH TDK SPT GMBR DI ATAS. JAUH LBIH CANTIK,, HARAP SGR GANTI GAMBARNYA DG NEW GEA.. BAGI YG PNASARAN DG NEW GAE,, SAYA ADA BEBERAPA FOTONYA,, KoNTAK SAYA DI yn1881@gmail.com

    BalasHapus
  191. Ayoo buktiin karyamu, kami banyak menunggu MOBNAS yg ekonomis. Ayo P Mentri dukung dong. Juga BPPT kasih kelonggaran biar MOBNAS segera beredar, Toh produk dari luar dulu awalmya juga ga bagus amat.

    BalasHapus
  192. [...] http://infoindonesia.wordpress.com/2009/02/06/mobil-nasional-gea-buatan-inka-seharga-rp-50-juta/ [...]

    BalasHapus
  193. [...] Segala jenis mobil Indonesia lain baik yang sudah dijual mau pun prototype bisa anda lihat di: http://infoindonesia.wordpress.com/2009/02/06/mobil-nasional-gea-buatan-inka-seharga-rp-50-juta/ Sepeda Motor Kanzen: websitenya belum ketemu via google… Apa perlu saya buatkan website?:) Sepeda [...]

    BalasHapus
  194. Sumpah, ini baru informasi bagus.. Hidup mobnas Indonesia !!

    BalasHapus
  195. hu um .klo bsa body d rubah yg lbh sporty......selain irit., Tampilan kan juga yg d cari.. Ok! Sukses ea... Maju trus indonesiaku.

    BalasHapus