Jumat, 12 November 2010

Kendaraan Roda Tiga/Trike yang Lebih Aman daripada Sepeda Motor

Banyak rakyat yang lebih suka naik motor. Ini karena harga motor yang murah yaitu sekitar Rp 10 juta. Sedang jika anda beli mobil, anda harus menyediakan uang minimal Rp 100 juta. Selain itu dengan konsumsi bensin yang mencapai 1:70 (1 liter bisa 70 km), sepeda motor jauh lebih irit daripada mobil yang rationya 1:10. Jadi jika anda bepergian sejauh 40 km, maka dengan mobil anda harus mengeluarkan uang Rp 18 ribu, sementara dengan motor paling cuma Rp 2.600 saja. Jauh lebih irit daripada mobil pribadi atau angkutan umum.


Namun sepeda motor yang rodanya 2 itu sangat tidak aman. Jika tersenggol sedikit, maka hilanglah keseimbangan. Pengemudi dan penumpangnya bisa jatuh dan tergilas oleh kendaraan di belakangnya. Bayangkan jika suami istri dengan 2 anak Balita naik motor jatuh dan tergilas bis/truk. Mengerikan bukan.


Belum lagi saat di lampu merah atau macet, mau tak mau pengendara motor harus menurunkan kakinya untuk menjaga agar sepeda motornya tidak jatuh. Kalau banjir semata kaki saja sudah membuat pengemudi motor tidak nyaman karena kaki/sepatunya basah.


Nah Sepeda Motor Roda Tiga/Trike (Tricycle) adalah kendaraan yang lebih aman daripada Sepeda Motor, tapi juga lebih murah daripada mobil. Dengan roda 3, anda tidak perlu lagi menurunkan kaki anda saat di lampu merah atau pun macet. Jika tersenggol juga tidak langsung jatuh karena roda 3 sudah menyediakan keseimbangan meski kendaraan roda 4 tetap lebih stabil.


Nah inilah contoh-contoh kendaraan roda 3.


Desain Motor Kymco yang saya modifikasi hingga bisa muat 4 penumpang. Sayang cuma gambar dan baru mau keluar (katanya) tahun 2025. Kalau harganya Rp 25 juta dan keluar sekarang, saya juga mau beli asal layanan purna jualnya terjamin.



Motor buatan Cina ini bisa memuat 3-4 penumpang. Hebatnya lagi bahan bakarnya gas sehingga 1 km biayanya paling cuma 100 rupiah saja!


Kendaraan roda 3 di atas ada kaca pelindung dan kanopinya. Jadi pemakainya tidak masuk angin. Jika hujan pun tidak kehujanan asal air hujannya jatuhnya tegak lurus...:)


Cuma kapan ya Triker/Sepeda Motor Roda 3 dijual bebas di Indonesia? Sebab kalau Tossa, cocoknya untuk gerobak doang dan bentuknya malu-maluin jika dipakai untuk membawa keluarga. Jika sudah dijual, webmaster InfoIndonesia bersedia untuk membantu penjualannya.


http://otomotiveinfo.blogspot.com/2010/01/motor-uniq-dari-china.html


http://www.kymco.or.id/showthread.php?t=5828


 

28 komentar:

  1. bagus tuh di tungguya kluaran motor roda tiganya tapi law bisa di kasih pintunya jg donk jd gx keujanan dari samping

    BalasHapus
  2. ane harap nanti tricycle harga belinya terjangkau truz ngerawatnya g susah, lebih bangga lagi kalo ada tricycle made in Indonesia

    BalasHapus
  3. kebetulan saya sudah mempunyai motor 3cyclenya, untuk modif seperti itu yang warna merah maroon, kira2 abis biaya berapa,,,ya...? terimakasih.

    BalasHapus
  4. apa kaga bisa dimajuin tuh produksinya pak? dah kaga sabar neh

    BalasHapus
  5. didiek wahyudjati11 Mei 2011 pukul 19.02

    ndaftar deh, apalagi kalo tidak lebih dari harga spd motor terbaru, dibawah 20jt an lah

    BalasHapus
  6. bagus nich kira-kira kapan keluarnya yach? yang penting sperpatnya nggak susah dan tidak mahal.apalagi bisa kridit lho.tentu banyak yang suka dech.

    BalasHapus
  7. masalahnya diijinkan ama polisi gak? ntar kena tilang gara2 penumpang lbh dr 3 orang dan gak pd pake helm, hehehe

    BalasHapus
  8. saya sangat suka sepeda motor yang memakai roda tiga,sepertinya lebih safety.

    BalasHapus
  9. KENDARAAN RODA TIGA INI SANGAT COCOK DI BANDUNG YG SLALU UJAN TIAP HARI DAN MACET OLEH RODA EMPAT,YG PENTING AMAN NYAMAN DAN TERJANGKAU,SAYA PESAN TIGA AJA CUKUP.
    DARI HARY DI BANDUNG

    BalasHapus
  10. kapa kendaraan ini sampai di indonesia....buruaan udah ditunggu-tunggu terutama kami kaum difabel dan bukan difabel...

    BalasHapus
  11. cocok buat bapak super yang cari rejeki tapi ga kebeli bo'il.

    BalasHapus
  12. kenapa harus nunggu tahun 2025, saat itu motor 3cycle udah banyak yang lebih bagus kalo cuman sekedar model seperti itu kayaknya saat itu bakalan udah ketinggalan ma yang laen.

    BalasHapus
  13. wah siiip.... siap pesen neh

    BalasHapus
  14. Kalau ade ane mau tuh, lumayan bengek ane kagak kambuh aman dari angin malam. jangan kelamaan tar ane keburu lewat. bikin dah buruan!

    BalasHapus
  15. impian sejak dulu nih. kalau bisa dipasarkan, mau ngantri di awal-awal.

    BalasHapus
  16. wah.... mantap juga tu buat antar anak sekolah...... kalo dah dijual bebas mau juga tu isa ikut memasarkannya....

    BalasHapus
  17. udah pada dijual belom sich ??

    BalasHapus
  18. aku sudah ada rancangannya sebenarnya teknologinya sederhana bisa dibikin sendiri dan comot dari spare part yang ada dipasaran tinggal sesuaikan dengan kebutuhan sedang desain luar lumayan gak malu maluin.semoga terwujud lagi kumpulin dana buat proto nya..

    BalasHapus
  19. Bagaimana cara membelinya! bisa mita rubah desain jok utk penyandang cacat nggak! Kalau ada tolong di info ke 081311311221

    BalasHapus
  20. bisa keredit gak? aq gak bisa jalan, kyanya bisa nyetirin motor ini

    BalasHapus
  21. saya mau beli gmn caranya

    BalasHapus
  22. mohon dikirim, 1motor kymco roda 3, ke alamat: dsn Sendangrejo Rt. 02 Rw 03 Desa Kebondalem Kec. Bangorejo Kab. Banyuwangi jawa timur

    BalasHapus
  23. Bisa enggak saya pesan 1

    BalasHapus
  24. wah
    revolusi dari bemo ya mas bro

    BalasHapus
  25. Pengen beli dehhh... udh ada blom sich, hiksss

    BalasHapus
  26. Sebenarnya Aksesoris motor
    Aksesoris motor ada dua type, ada yang merupakan hiasan semata untuk menambah tampilannya biar lebih ganteng, dan juga ada aksesoris yang memiliki fungsi yang selain untuk menambah tampilan sepeda motor, tetapi juga memiliki fungsi khusus pada sepeda motor.

    BalasHapus
  27. Mau..minat...apa bisa kredit gak??
    Motor roda 3 nya..

    BalasHapus
  28. Mau..minat...apa bisa kredit gak??
    Motor roda 3 nya..

    BalasHapus