Senin, 21 Maret 2011

Cara Beternak Burung Walet di Rumah

Subject: [pengusaha-muslim] Budidaya Burung walet Ternyata Bisa dengan Biaya Murah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu
Budidaya walet ternyata bisa dengan biaya yang terjangkau. Ini sudah saya praktekkan 2 tahun belakangan ini. Yakni saya memanfaatkan bekas kamar tidur. Saya merehab kamar tidur menjadi kamar walet. Biaya yang saya keluarkan pun hanya puluhan juta saja, yakni untuk merehab ruangan;..membikin papan sirip tempat walet bersarang, membeli ember-ember untuk air sebagai sarana kelembapan, membeli paralon/ pipa PVC 4 inc untuk ventilasi udara, dan membeli seperangkat audio untuk memanggil walet harus dengan suara tiruan.
Pengeluaran harian tidak ada sebab walet mencari makan sendiri. Hasil yang saya peroleh, bisa panen sarang walet 1 kg setiap 3 bulan. Hasil panen dihargai 1 kg Rp 10 juta rupiah. Ini karena kualitas sarang yang belum bagus.
Anggapan selama ini, bahwa budidaya walet harus mengeluarkan dana yang besar, ternyata sekarang sudah tidak relevan lagi. Ilmu walet juga selama ini dirahasiakan. Namun setelah seorang teman memberikan informasi untuk membuka www.duniawalet.com, situs tentang walet yang rasional, jujur dan pemiliknya seorang muslim, saya memperoleh wawasan yang segar, dan akhirnya saya mencoba mempraktekkan budidaya walet dengan biaya yang terjangkau. Alhamdulillah saya sekarang sudah memetik hasilnya.
Ini sebagai usaha alternatif di tengah persaingan bisnis yang begitu ketat.
Budidaya walet dengan biaya murah, bisa dengan membangun bangunan dari batako saja, dengan ukuran minimal 4 meter X 5 meter, satu atau dua lantai.
Di Kalimantan, bangunan walet hanya terbuat dari papan atau Calsibut dengan menggunakan tiang kayu ulin.
Kesimpulannya, budidaya walet bukan monopoli orang kaya atau golongan tertentu saja. Sudah saatnya, karunia Allah ini bisa kita manfaatkan sebagai lahan bisnis alternatif untuk memperoleh rizki Nya. Semoga info ini berfaedah.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

azmi.nafis@gmail.com

39 komentar:

  1. Assalamu "Alaikum Wr.Wb. Klo berkenan bagi suara panggilnya. karena RBW sy sdh setahun belum ada penghuninya. trims sebelumnya. Wassalam.

    BalasHapus
  2. Assallamuaallaikum, wr. wb.......
    spt nya bisnis ini menarik dan tdk bth tenaga berlebih tp maaf sblm nya, mo nanya nih. klo emang sdh ada walet / sarang nya, kita jual nya kmana ya???
    Wassallamuallaikum, wr. wb.........

    BalasHapus
  3. kalau mau konsultasi ttg walet bisa hubungi saya di kebu_tebu@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. atau telpon saja bila ada pertanyaan seputar walet di 08127671805

    BalasHapus
  5. assalamu'alaikum..mau tanya, yang bisa kita ambil hasil dalam beternak burung walet sarangnya atau air liurnya,wass

    BalasHapus
  6. ass. saya dikaltim, disini bru 3 bulan sudah banyak sarang waletnya. Tolong kirimkan info tentang walet ke danauberjaya@yahoo.com.

    BalasHapus
  7. Salam...boleh minta suara panggil walet nya nda...

    BalasHapus
  8. mas maaf y klo bleh tau untuk penjualan hasil sarang burung walet nya kemana ya? nih kita mungkin bisa jadi partner? klo bleh ke email saya ke maulanaprimamaulana@yahoo.com

    BalasHapus
  9. assmualaikum...
    saya pendatang baru ni dari sukabumi.. saya kaget rmh saya sekarang jadi banyak burung wallet.. malah sudah ada yg membuat sarang.. saya menjadi bingung ap yg harus saya lakukan.. karena memang saya masih "buta" dengan masalah burung wallet ini...
    mohon tolong bantuan'a...
    085813192600

    BalasHapus
  10. RBW saya cuman ada9 sarang walet gmn supaya populasi burung walet saya berkembang

    BalasHapus
  11. assmualaikum..saya punya bangunan,dimana saat ini banyak burung wallet yg masuk...saya sangat awam dlm hal ini..apa yg mesti saya lakukan ??

    BalasHapus
  12. saya tertarik untuk budidaya walet, sekarang lagi bangun RBW sederhana di teras belakang rumah ukuran 3x6 bisa dibantu untuk suara panggilnya

    BalasHapus
  13. assalamua alaikum.... emang berapa harga sarang burung walet yang standar

    BalasHapus
  14. assalamualaikum boleh nta suara pemanggil walet gak

    BalasHapus
  15. Assalamu “Alaikum Wr.Wb. Klo berkenan bagi suara panggilnya. karena RBW sy sdh setahun lebih belum ada penghuninya. trims sebelumnya. Wassalam

    BalasHapus
  16. asalam mualaikum,apa yg harus aq lakukan ya,rumah aq di atas banyak burung seriti ama walet.

    BalasHapus
  17. assalamualaikum
    salah satu ruangan rumah saya ditemapti burung seriti, bisa kah di ganti menjadi walet???

    caranya bagaimana?
    thanks

    BalasHapus
  18. gimn yg d sebut papan sirip ? Tolong kira sudih memberi info '' terima kasih .

    BalasHapus
  19. saya punya rumah rencana di bagian L ukuran 5 m x 6 m ingin saya buat RBW tolong infonya gmn? syukur2 sama RAB RBW

    BalasHapus
  20. assalamualaikum wr.wb.
    Rumah saya kedatangan burung walet sepasang. dan membuat sarang lalu sekarang sdh punya anak ' waletnya bersarang di garasi mobil, tempatnya terang dan tidak takut kalau saya datang masukin mobil, kadang suka bawa teman temannya yg lain , yg mau saya tanya bagaimana cara membuat sarang yang baik, rumah saya di tepi sungai besar banyak pohon . mohon sarannya Insya Allah saya ingin berusaha di bidang ini, terima kasih banyak atas bantuannya

    Wassalamualaikum wr wb

    M. Noer ( epoxyndo@rad.net.id)

    BalasHapus
  21. zulchakim@yahoo.com12 Mei 2012 pukul 21.21

    assalamualaikum
    saya berencana menetaskan telur walet untuk memulai beternak walet, tolong kasih tau cara pemelihaaraan anakan walet sampai panen dan syarat lokasi kandangnya, dengan pakan bikin sendiri dan waletnya dikandangkan

    Wassalamualaikum wr wb
    zulchakim@yahoo.com

    BalasHapus
  22. saya bingung, yang nanya banyak, tetapi yang pertama punya kemampuan kok tidak ada jawaban, atau solusi ya

    BalasHapus
  23. saya baru merehab rumah lantai atas untk walet. papan siripnya sudah ada. tapi saya bingung. bagaimana caranya supaya walet mau masuk dan tinggal. mohon infonya

    BalasHapus
  24. teman2 yg punya suara walet jitu tolong dong dibagi.andirosmawan@ymail.com. thanks

    BalasHapus
  25. ASS.....SYA BARU LIAT TERNYATA DI RUMAH BANYAK BURUNG WALET....???ADA YG TAU PAKAN NYA /OBAT PENEMPROT SUPAYA BERKEMBANG BIAK DI RUMAH JD BANYAK LG.???

    BalasHapus
  26. ADD JA EA BANDUNG.JOMBLO@YAHOO.COM

    BalasHapus
  27. asslamualaikum...saya dari kalimantan...tolong bagi informasi donk tips n trick merawat rumah walet..coz d t4 saya bnyak rayap....

    BalasHapus
  28. saya sangat tertarik dgn budidaya walet.tapi saya masih belum tau cara budidaya walet.kemarin saya pernah ngetes dgn suara yg saya download al hasil walet masuk ke dalam rumah.

    BalasHapus
  29. assalamualaikum.saya sangt tertarik dgn budidaya walet.tapi saya masih nihil dgn budidaya wale.saya pernah ngetes dgn suara walet yg saya download,al hasil walet masuk k dalm rumah.untuk tata cara budidaya walet saya mohon pencerahan nya.

    BalasHapus
  30. Ok bro.. sy akan mencoba karunia Allah yg satu ini,, doa in
    ya ..

    BalasHapus
  31. saya tawarkan RBW buat penarik walet ,081382711174 trims

    BalasHapus
  32. Assalamu'alaikum warahmatullahi wb.
    ada beberapa hal yang saya mau tanyakan, dimana kita bisa mengakses pantauan harga sarang walet yang ter update, bagaimana membedakan antara walet dan sriti, saya baru belajar tentang walet karena sekitar rumah saya banyak berseleweran bila sore hari, dan bagaimana sebaiknya rumah tinggal walet yang baik.bisa kirim infonya ke seramasudiang@gmail.com

    BalasHapus
  33. saya sudah mmbuat tempat tnggal walet, tapi dalm 1 tahun ini kok blm disarangin

    BalasHapus
  34. assalamualaikum.
    saya baru menbuat rumah untuk keluarga baru jadi tapi blum 100%,baru 3 bulan ini beratus ratus burung sriti mungkin lebih berada di atap rumah, klau pagi suaranya berisik seperti mp3 suara burung walet, tlong bri saran apa yang patut aku lakukan. terimakasih.

    BalasHapus
  35. sama rumahku juga gitu: dulu pernah ma almarhum mertua saya dikembangkan tapi gagal... skrg sy bingung mw memulai dari mana...

    BalasHapus
  36. Terimakasih infonya, ini sangat bermanfaat.
    Saya punya cita-cita ingin memiliki beberapa sarang walet yang produktif, tapi masih memikirkan dana. Tidak pernah mengira bisa di buat sederhana.

    BalasHapus
  37. rumah saya juga kdatangan pasukan burung sriti.awalnya saya usir,tp datang lagi.denger2 dari orang katanya di ganti walet bisa.tp g tau caranya.tolong bagi info dong yg tau caranya. zalacca_holic@yahoo.com

    BalasHapus