Sabtu, 02 November 2013

Jokowi dan Ahok Larang Topeng Monyet?


Gubernur DKI Jakarta, Jokowi melarang pertunjukan Topeng Monyet dengan alasan menyiksa binatang. Banyak binatang yang disiksa saat pelatihan dan tidak diberi makan secara cukup, katanya. Ahok juga membenarkan itu. Tukang Topeng Monyet tidak berperikebinatangan! katanya.
Mungkin benar ada Tukang Topeng Monyet yang seperti itu. Yang kejam seperti itulah yang harus ditindak dan dihukum. Tapi jangan sampai melarang semuanya.





Apa bedanya Pertunjukan Topeng Monyet dengan Pertunjukan Binatang lain seperti di Ancol dan Taman Safari? Kenapa tidak dilarang sekalian pertunjukan binatang di Ancol dan Taman Safari?
Jika Monyetnya disiksa hingga cacat atau mati, kan tukang Topeng Monyet sendiri yang rugi karena hewannya tak bisa beroperasi lagi dan mendatangkan uang untuknya? Jika tidak diberi makan dan lapar, kan monyet tsb akan lemas dan bisa mengamuk saat pertunjukkan?
Kelihatannya asumsi di atas keliru mengingat saat beraksi, monyet tersebut terlihat sehat dengan beraksi secara lincah.
Topeng Monyet merupakan hiburan rakyat yang murah dan meriah. Anak-anak suka menontonnya. Ini sudah jadi seni / kebudayaan Nasional. Di luar negeri juga ada pertunjukan topeng monyet. Contohnya ada Topeng Monyet di Jepang, Cina, Thailand, Vietnam, India, dsb.

Video Topeng Monyet di Jepang:


http://www.youtube.com/watch?v=Eshkq05LqtQ
Jika dinyatakan monyet bukan binatang peliharaan dan harus hidup di tempat asalnya, di mana monyet harus hidup? Di hutan? Di Jawa saja hutan sudah kurang dari 10%. Kalau dekat perumahan penduduk, monyet2 tsb bisa dibunuh karena dianggap hama yang mencuri tanaman dari kebun dan rumah penduduk. Jadi Topeng Monyet sebetulnya Simbiosis Mutualisme antara Monyet, Tukang Topeng Monyet, dan Masyarakat yang menonton Topeng Monyet.

Video Topeng Monyet:



Yang namanya latihan memang keras. Coba lihat video Jacky Chan latihan Kung Fu di sini:

http://youtu.be/RGtUTnMwLVo

Saya sendiri yang pernah latihan silat dan karate juga selain disuruh memukul dan menendang sampai capek, juga dipukul dan ditendang oleh pelatih. Teman saya yang ditendang pelatih sampai jatuh meski badannya kekar seperti Rambo. Latihan memang begitu. Itu bukan kejam. Saya yakin latihan Topeng Monyet tidak sampai dipukul dan ditendang.

Basuki: Tukang Topeng Monyet Tidak Berperikebinatangan!
http://megapolitan.kompas.com/read/2013/10/22/1613016/Basuki.Tukang.Topeng.Monyet.Tidak.Berperikebinatangan.

Asal usul dan sejarah topeng monyet

Pertunjukan Topeng Monyet Di Kampungku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar