Senin, 19 Mei 2014

Untuk Apa Jokowi Bikin Railbus Sementara KA Solo-Yogya Begitu Banyak?

Untuk Apa Jokowi Bikin Railbus Sementara KA Solo-Yogya Begitu Banyak?
Dari PT KAI saja jumlahnya banyak. Ada Lodaya, Argo Lawu, Argo Wilis, Madiun Jaya, Sancaka, dsb. Ada yang tarifnya Rp 20.000, ada pula yang Rp 285.000. Sementara Prambanan Ekspres yang juga melayani Solo-Yogya hanya Rp 10.000 saja.
Jadi kenapa Jokowi harus bikin Railbus senilai Rp 17 milyar padahal cuma 4 gerbong dengan kapasitas 320 penumpang, sementara Kereta Api Biasa yang 8 gerbong (kapasitas 800 penumpang) cuma Rp 9 milyar saja harganya? Itu pun ternyata akhirnya mangkrak pula karena tidak ekonomis. Dan jumlah perjalanannya jika tidak mangkrak cuma 2x dengan total 640 penumpang: Solo-Yogya-Solo.


Ini adalah Kereta Api jurusan Solo-Yogya:
LODAYA PAGI (Rp 50.000)
ARGO LAWU (Rp 50.000)
MADIUN JAYA (RP 20.000)
ARGO WILIS (RP 165.000)
SANCAKA PAGI  (RP 40.000)
MALIOBORO EKSPRES (RP 90.000)
SENJA UTAMA SOLO (RP 125.000)
MALABAR (RP 200.000)
ARGO DWIPANGGA (RP 170.000)
MUTIARA SELATAN (RP 215.000)
GAJAYANA (RP 255.000)
BIMA (RP 240.000)
TURANGGA (RP 285.000)
http://tiket.kereta-api.co.id/?_it8tnz=Mw==&_8dnts=c2NoZWR1bGU=


Kereta api Prambanan Ekspres
Prameks relasi Kutoarjo - Yogyakarta - Solo Balapan - Solo Jebres

 Kutoarjo   Jenar   Wates   Yogyakarta   Lempuyangan   Maguwo   Klaten   Purwosari   Solo Balapan   Solo Jebres 
 -   -   -                  5                     5            5          5               6                    6  - 
           5        6          6                 6                     7            7          7               7                    8                 8
 -   -   -                  8                     8            8          8               9                    9                 9
           8        8          9                 9                     9            9        10             10                  10                10
 -   -   -                10                   10           10        11             11                  11                11
 -   -   -                13                   13           13        14             14                  14                14
 -   -   -                14                   14           14        15             15                  15                14
          15      15        15               16                   16           16        17             17                  17                17
 -   -   -                17                   17           17        18             18                  18  - 
          18      18        18               19                   19           19        19             20                  20  - 

http://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Prambanan_Ekspres

“Harga satu KRL bisa 1 juta dolar AS per satu gerbong. Di luar negeri seperti Jepang kereta baru malah 1,8 juta dolar AS.
http://ekbis.rmol.co/read/2013/04/01/104625/Gile...-Satu-Paket-Kereta-Bekas-Jepang-Rp-800-Juta-

Kereta Listrik Bekas Jepang Rp 900 Juta, PT INKA Rp 9 Miliar
http://megapolitan.kompas.com/read/2013/10/10/0941351/Kereta.Listrik.Bekas.Jepang.Rp.900.Juta.PT.INKA.Rp.9.Miliar

JUM'AT, 28 MARET 2014 | 20:00 WIB
Railbus Batara Kresna Dibiarkan Mangkrak
Selama hampir dua tahun terakhir, kereta yang masih baru itu hanya terparkir di depo Stasiun Balapan Surakarta, Jawa Tengah.
Awalnya, Railbus Batara Kresna direncanakan melayani penumpang dari Solo menuju Wonogiri. Jalur yang dilalui oleh kereta seharga Rp 17 miliar itu mencapai 34 kilometer. Sejak diluncurkan dua tahun lalu, kereta itu belum pernah dioperasikan secara continu.
http://www.tempo.co/read/news/2014/03/28/058566198/Railbus-Batara-Kresna-Dibiarkan-Mangkrak

RAILBUS BATARA KRESNA
Pemkot Solo Nyerah
Minggu, 29 September 2013 22:43 WIB | Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos | |
Solopos.com, SOLO — Nasib Railbus Batara Kresna semakin suram menyusul minimnya komitmen pengoperasian moda transportasi itu oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Di sisi lain, Pemkot mulai kehabisan akal untuk meyakinkan pengoperasian moda senilai Rp16,8 miliar tersebut.
http://www.solopos.com/2013/09/29/railbus-batara-kresna-pemkot-solo-nyerah-452038


http://infozaman.blogspot.com/2014/05/railbus-batara-kresna-solo-mangkrak.html

Dari berbagai foto, ternyata Railbus cuma terdiri dari 3 gerbong saja. Artinya cuma 240 penumpang.

Antara: Dalam satu rangkaian Railbus Batara Kresna akan terdiri dari empat gerbong, yang masing-masing memiliki kapasitas 80 penumpang.
http://www.antaranews.com/berita/325533/pt-ka-railbus-batara-kresna-segera-beroperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar