Senin, 09 Juni 2014

Jika Negara Perang, Siapa yang Anda Percaya?


Jika Negara Perang, Siapa yang Anda Percaya?
AS memiliki berbagai pangkalan militer di sekitar Indonesia.
Sejak lengsernya Soeharto, Timor Timur lepas dari Indonesia. Malaysia mengambil pulau Ligitan dan Sipadan dari Indonesia. Dan sekarang mau mengambil 1 lagi. Sementara Cina mengklaim beberapa pulau yang dimiliki Indonesia di Laut Cina Selatan.
Ada gerakan pemberontak di Papua dan Aceh. Konflik Ambon, Poso, dan Sampit menewaskan puluhan ribu orang.
Jadi pada siapa anda akan mempercayakan negara ini?

Jika dikaji, banyak pemimpin besar berasal dari Militer. Nabi Muhammad SAW selain pemimpin agama adalah pemimpin militer yang memimpin langsung berbagai peperangan seperti Perang Badar dan Perang Uhud. Presiden AS yang pertama, George Washington adalah seorang Jenderal. Begitu pula Fidel Castro dan Hugo Chavez berasal dari Militer.
Di Indonesia pun ternyata paling tidak ada 2 presiden yang berasal dari militer, yaitu: Soeharto dan SBY. Ada pun yang dari sipil seperti Habibie, Gus Dur, dan Megawati, hanya bisa memerintah selama 3 tahun atau kurang. Belum pernah ada di sejarah Indonesia seorang Walikota atau Gubernur jadi presiden.

Bagaimana dgn Bung Karno? Saya juga mengira dia sipil. Ternyata ini tidak 100% tepat mengingat saat Indonesia diproklamasikan sebagai negara Merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan Soekarno jadi presidennya, belum ada militer di Indonesia. TNI baru dibentuk 5 Oktober 1945:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tentara_Nasional_Indonesia

Jadi justru Soekarno itulah yang mendirikan militer dan jadi Panglima Tertinggi di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar