Senin, 25 Mei 2009

DetikInet: Komputer Rp 400 Ribu, Kecil Bagai Colokan Listrik

plugcomputerTak disangka jika 2 dari 3 pendiri perusahaan Marvell Technology Group yang terdaftar di Nasdaq adalah orang Indonesia. Bahkan pimpinannya, Sehat Sutardja juga orang Indonesia. Sekarang Marvell Technology tengah membuat komputer kecil seperti colokan listrik yang harganya sekitar US$ 99 atau sekitar Rp 1 juta.



Marvell adalah perusahaan semikonduktor yang cukup ternama di pasaran. Produk-produknya digunakan di kurang lebih 50 persen prosesor hardisk di pasaran, belum lagi chip Marvell yang banyak tertanam dalam ponsel.



Ini adalah satu bukti bahwa bangsa Indonesia mampu untuk mandiri.



Komputer Rp 400 Ribu, Kecil Bagai Colokan Listrik


Wicak Hidayat - detikinet



Sehat Sutardja (McDermid/Reuters)



Jakarta - PerusahaanSehat Sutardja yang didirikan orang Indonesia, Marvell Technology Group, telah mengembangkan sebuah komputer dengan harga yang akan mencapai sekitar Rp 400.000 per unit. Komputer ini memiliki ukuran kecil bagaikan colokan listrik.



Komputer dengan nama Plug Computer itu memiliki ukuran seperti colokan listrik, kurang lebih hanya satu genggaman tangan. Namun kemampuannya tak bisa diremehkan begitu saja.



Sehat Sutardja, CEO dan pendiri Marvell, seperti dikutip detikINET dari NYTimes, Senin (25/5/2009), mengatakan Plug Computer itu dikembangkan dengan prosesor buatan Marvell. Memang perangkat itu tidak dilengkapi dengan layar, namun ia bisa disambungkan dengan kabel Ethernet ke jaringan lokal dan internet.



Selain itu, Plug Computer memiliki port USB untuk dipasangkan dengan perangkat eksternal lain, mulai dari hardisk hingga kamera. Sistem operasi yang digunakan adalah salah satu versi dari Linux.



Perangkat itu dibanderol pada harga USD 99 dengan development kit-nya. Namun NYTimes memperkirakan dalam waktu dua tahun perangkat itu akan turun harga hingga USD 40 atau sekitar Rp 400.000.



Sutardja mengatakan, nantinya Plug Computer ini mungkin tak akan nampak sebagai satu produk tersendiri. "Nantinya, Anda tak akan melihat plug ini. Kami ingin perangkat ini ada di TV, stereo system dan pemutar DVD," ujar pria yang hijrah dari Indonesia untuk kemudian mendirikan Marvell di Amerika Serikat.



Marvell adalah perusahaan semikonduktor yang cukup ternama di pasaran. Produk-produknya digunakan di kurang lebih 50 persen prosesor hardisk di pasaran, belum lagi chip Marvell yang banyak tertanam dalam ponsel.



Pada 2006 perusahaan ini menarik perhatian karena membeli salah satu divisi dari Intel, tepatnya Divisi Xscale Processor dari raksasa mikroprosesor tersebut. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 di Santa Clara, California, Amerika Serikat, dua dari tiga pendirinya adalah pria kelahiran Indonesia: Sehat Sutardja dan Pantas Sutardja.



( wsh / ash )


http://www.detikinet.com/read/2009/05/25/144017/1136746/317/komputer-rp-400-ribu-kecil-bagai-colokan-listrik



Marvell Technology Group Ltd. (Nasdaq)


sector: Technology . industry: Semiconductors · View MRVL on other exchanges


As of  22 May 2009



Sutardja, Sehat


Brief Biography



Dr. Sehat Sutardja has served as the President, Chief Executive Officer and Co-Chairman of the board of directors since 1995, and Chairman of the board of Marvell Technology Group Ltd. since 2003. In addition, Dr. Sehat Sutardja serves as President, Chief Executive Officer and a director of U.S. operating subsidiary, Marvell Semiconductor, Inc., or MSI. Dr. Sehat Sutardja holds one private company directorship and directorships in subsidiaries, including Marvell Semiconductor, Ltd., Marvell Technology, Inc. and SysKonnect, Inc. Dr. Sehat Sutardja holds a BS from Iowa State University, and a MS and Ph.D. in Electrical Engineering and Computer Science from the University of California at Berkeley. Dr. Sehat Sutardja was elected as a Fellow to the IEEE in 2007 and holds over 90 U.S. patents.


http://www.reuters.com/finance/stocks/officerProfile?symbol=MRVL.O&officerId=149195



A Better Way to Deliver Value Added Services


Unlike other embedded networking products, a plug computer is designed to offer PC-like performance.



The Marvell PXA168 is the first in a family of applications processors targeted at mass market opportunities in computing and digital consumer devices with the potential to reach up to a billion units.



Marvell's expertise in microprocessor architecture and digital signal processing, drives multiple platforms including high volume storage solutions, wired and wireless networking, video processing and cellular products.



http://www.marvell.com/index.jsp



Sehat Sutardja


Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Sehat Sutardja, adalah pendiri pendamping Marvell Technology Group dan menjadi presiden, pemimpin eksekutif sejak 1995. Ia juga menjadi presiden, pemimpin eksekutif, dan direktur pada perusahaan semikonduktor Marvell.



Karirnya dimulai dari tahun 1989 hingga 1995 ketika menduduki manajer dan pemimpin teknis proyek 8x8.



Ia dilahirkan di Jakarta, Indonesia. Sehat Sutardja menamatkan pendidikan menengahnya di Kolese Kanisius. Kemudian melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat dan meraih sarjana sains di teknik elektrik dari Universitas Negeri Iowa. Ia juga menjalani pendidikan pascasarjana Master of Science (M.Sc) dan Ph.D. dalam bidang teknik elektrik dan ilmu komputer dari Universitas California, Berkeley.



Ia menikahi Weili Dai, dan merupakan saudara dari Pantas Sutardja, yang juga turut mendirikan Marvell.



Pada 2007, majalah Forbes memasukkan Sehat Sutardja sebagai salah satu orang terkaya[1] di Amerika Serikat.


http://id.wikipedia.org/wiki/Sehat_Sutardja


4 komentar:

  1. jelas bhw org indonesia itu hebat2.. tp krn pemerintah tdk pernah mengapresiasi anak bangsa sendiri, lbh patuh dg org luar dan yg pasti masih byk pialang politik yg memainkan isu SARA di indonesia..termasuk partai yg menganggap dirinya putih sekaleee..

    semoga siapa pun presiden yg dipilih (bukan terpilih) mau mengapresiasi kemampuan anak negeri...

    BalasHapus
  2. Di Indonesia, distributor resminya di mana ya, sekolah saya mau.

    BalasHapus
  3. dua tahun sudah berlalu mana produknya ??

    BalasHapus
  4. Kasih informasi dong tentang komputer kecil ini, apa udah dipasarkan di Indonesia , kalau udah dimana kita bisa ngubungi,

    BalasHapus