Rabu, 20 April 2011

Inilah Produk Buatan Indonesia

Inilah produk-produk buatan Indonesia! Bukan cuma "Made IN", tapi juga "Made BY" dan "Owned" by Indonesia!


Produk-produk ini dibuat dan dimiliki oleh bangsa Indonesia.


Jika kurang bagus, mahal, layanan kurang baik, dan sebagainya maka maklumilah. Itulah gunanya semangat kebangsaan/nasionalismenya. Jika ini dilakukan, anda memberi lapangan kerja yang cukup banyak bagi bangsa kita.


Anda juga memakmurkan bangsa karena uang anda tidak lari ke pihak asing/luar negeri. Patut anda ketahui, jika buatan Indonesia, meski Made In Indonesia, tapi jika pemilik pabrik/mereknya pihak asing, maka 70% lebih dari keuntungan lari ke mereka sebagai majikan/pemilik perusahaan. Bangsa kita cuma sekedar bangsa kuli.


Jika produk-produk kita laris dan kompetitif, maka rakyat Indonesia termasuk anda bisa menikmati harga barang yang murah. Sebagai contoh mobil sekarang paling murah Rp 100 juta. Ini karena ada biaya/pajak impor, transportasi, dan juga keuntungan dari pemilik pabrik mobil dibagi dengan distributor di sini. Tapi jika bangsa Indonesia membuat sendiri, harganya bisa 1/3 atau sekitar Rp 30 juta saja sebagaimana bangsa India bisa membuat mobil murah Tata Nano seharga US$ 2.500!


Jika bangsa kita makmur, niscaya korupsi, kriminalitas seperti penculikan, perampokan, pencopetan hingga pembunuhan pun akan jauh berkurang. Demikian pula pengemis-pengemis dan anak-anak jalanan.


Kita berharap para produsen Indonesia juga punya jiwa Nasionalisme/kebangsaan dengan cara memberikan produk sebaik mungkin dengan harga yang bersaing sehingga konsumennya tidak kecewa. Agar bisa terjadi seperti itu, idealnya tiap produk minimal ada 3 produsen Indonesia yang bersaing memberikan yang terbaik kepada bangsanya.


Ayo kita beli produk buatan Indonesia!


Di bawah adalah daftar produk Indonesia. Anda bisa memberi masukan produk penting yang dikonsumsi banyak orang dari Indonesia yang belum masuk di sini. Seandainya ada produk asing yang seharusnya tidak termasuk di sini juga silahkan diinformasikan berikut URL berita/info bahwa itu bukan produk Indonesia asli.


SPBU/Pom Bensin


Pertamina: http://spbu.pertamina.com


Mobil




Arina UPV, mobil Indonesia dengan harga Rp 30 juta buatan Semarang yang sebagian sudah diekspor. Sayang websitenya belum ketemu. Konsumsi BBM 1:40!

Mobil Off Road

Komodo: http://www.finkomodo.com

Mobil Kota Listrik

Marlip: http://www.marlipev.blogspot.com

Segala jenis mobil Indonesia lain baik yang sudah dijual mau pun prototype bisa anda lihat di:

http://infoindonesia.wordpress.com/2009/02/06/mobil-nasional-gea-buatan-inka-seharga-rp-50-juta/

Sepeda Motor

Kanzen: websitenya belum ketemu via google... Apa perlu saya buatkan website?:)

Sepeda

United: http://www.unitedbike.com

Polygon: http://polygoncycle.com

Panser

Panser Pindad


Pindad, PT: http://www.pindad.com
Info alternatif: http://infoindonesia.wordpress.com/2009/07/10/pt-pindad-bppt-dan-dephan-buat-panser-sendiri/

Pesawat Terbang dan Helikopter




PT Dirgantara Indonesia: http://www.indonesian-aerospace.com

HP

Nexian: http://www.nexian.co.id

Polytron: http://www.polytron.co.id



TV

Polytron: http://www.polytron.co.id

DVD Player

Polytron: http://www.polytron.co.id

Kipas Angin

Maspion: http://www.maspion.com

Cosmos: http://www.starcosmosgroup.com

AC

Uchida (Maspion): http://www.maspion.com

Polytron: http://www.polytron.co.id

Pompa Air / Water Pump

Uchida (Maspion): http://www.maspion.com

Kulkas/Refrigerator

Maspion: http://www.maspion.com

Polytron: http://www.polytron.co.id

Mesin Cuci/Washing Machine

Maspion: http://www.maspion.com

Polytron: http://www.polytron.co.id

Kompor

Kompor Gas

Cosmos: http://www.starcosmosgroup.com

IT/Komputer

Hardware

PC Desktop:

Zyrex http://www.zyrex.com

Laptop

Zyrex http://www.zyrex.com


Software

Online Media Monitoring and Real Time Analysis (Pengukur Popularitas) http://katapedia.com

Software Rumah Sakit (Hospital Management), SIM Sekolah, dan SIMBADA: http://www.teknosoftmedia.com
MAKANAN

Restoran

Restoran Sederhana
Ayam Goreng / Fried Chicken

Ayam Sabana

Ayamg Goreng Suharti

23 komentar:

  1. [...] Posted on May 9, 2011 by Himpunan Pemimpin Indonesia (HimPIn) Agus Nizami Inilah Produk Buatan Indonesia Foto2 produk buatan Indonesia bisa dilihat di: http://infoindonesia.wordpress.com/2011/04/20/inilah-produk-buatan-indonesia [...]

    BalasHapus
  2. klo mau beli mobil murah buatan indonesia gimana caranya?

    BalasHapus
  3. KAYAKNYA TU MAH CUMA LISENSINYA DOANK,,,POLYTRON NEXIAN KAN BIKINAN CINAAA

    BalasHapus
  4. Yah pertama lisensi juga tak apa. Yang penting owner dan mereknya Indonesia. Ini satu awal yang baik ketimbang semuanya asing.
    Lagi pula sekarang banyak pula produk dan merek AS serta Eropa yang pembuatannya di Cina.
    Tapi saya sudah pakai produk Polytron dan Nexian alhamdulillah lumayan. Malah lebih canggih dari produk yg lebih mahal.

    Contohnya DVD Player bermerk jarang ada yang pakai USB. Sekali ada seperti LG, tak mampu memainkan flashdisk yang ada file MPG. Sementara Polytron langsung mencari file video dan memainkannya.

    HP Nexian dengan harga Rp 300 ribuan, sudah ada kamera, tombol QWERTY, 2 sim card yg menerima dan mengirim secara otomatis, dsb. HP bermerk dgn harga Rp 400 ribuan saja belum tentu punya feature seperti itu.

    BalasHapus
  5. Maju terus Indonesiaku! teruslah berkarya demi kemajuan bangsa dan negara!!

    BalasHapus
  6. dulu sy bli kulkas uchida, trnyata tabung freonya samsung...agak kecewa sih...tp sy tetap akan slalu membli buatan Indonesia walau ga 100% buatan Indonesia. Minimal pabriknya ada di Indonesia. Klo bkn kita yg bli buatan Indonesia...lalu siapa lagi. Kt tmnku yg di korsel trnyata konglomerat korsel pun slalu lbh bangga mmbli buatan bangsanya misal KIA, Hyundai, LG, samsung dll, krn klo psr dlm negeri bs dikuasai mk mrk tinggal mikir ekspansi ke luar negeri

    BalasHapus
  7. Sebetulnya tidak semua manufaktur membuat sendiri semua komponennya. Sebagai contoh untuk komputer, bahkan perusahaan dunia seperti Samsung dan IBM pun tidak memproduksi sendiri prosesornya. Mereka memakai prosesor Intel (AS) atau AMD (Jerman). Begitu pula komponen2 lainnya.
    Namun mereka merakit komponen2 tsb dan menjamin hasil akhirnya.
    Tapi kalau bisa 100%, tentu lebih baik lagi.

    BalasHapus
  8. Menarik sekali infonya pak Nizam ..saya akan memberikan info bahwa Insya Allah Indonesia akan lebiih bangkit lagi kalau sama-sama berada dalam komunitas KERaN ( koperasi ekonomi Rakyat Nusantara) , sebuah koperasi yang sangat peduli pada kebangkitan UKM terutama menjadikan kita lebih cinta pada produk dan kekuatan sendiri bukan pada produk dan jasa bangsa lain.

    KERaN lahir karena jiwa nasionalisme dan keinginan anak bangsa menuju kebangkitan ekonomi, mengantisipasi makin membanjirnya produk luar terutama retail seperti Giant, Carefour, Lottemart (sebentar lagi) Wallmart... semoga kita terinspirasi dan mendukung hadirnya KERaN sehingga mampu membendung pengaruh mereka. dan bangsa kita benar-benar menjadi bangsa Luar Biasa.

    BalasHapus
  9. Beneran , saya pake hape Politron juga , tertulis disitu DIBUAT DI CHINA ...

    BalasHapus
  10. Dari situsnya saya lihat POLYTRON memiliki 2 pabrik masing-masing di Kudus seluas 70.000 m2 dan di Sayung Semarang 130.000 m2 (merupakan pabrik lemari es terbesar di Jawa Tengah) dengan karyawan lebih dari 6.000 orang:
    http://polytron.co.id/?fuseaction=home.general&csection=about_us_corporate

    Untuk produk baru seperti HP, mungkin masih Made in China karena teknologi kita masih terbatas dan baru belajar. Tapi jangankan merk Indonesia. Perusahaan dunia seperti IBM saja membuat laptopnya di Cina karena tenaga kerja murah dan teknologi tinggi:
    http://forum.notebookreview.com/lenovo-ibm/27752-ibm-thinkpad-made-china.html

    Itulah dampak buruk daripada Globalisasi dan Perdagangan Bebas di mana pajak Impor/Ekspor dibebaskan. Kita harap pemerintah menerapkan pajak Impor/Ekspor sebesar minimal 20% agar perusahaan2 mau membuat pabrik di Indonesia.

    BalasHapus
  11. Sama2 pak Ayok.
    Kita harap di Indonesia di bangun pasar2 rakyat yang bersih dan aman di mana setiap rakyat bisa berdagang bebas di sana untuk memasarkan produk2 rakyat Indonesia dgn harga murah.
    Saat ini Mal2 dgn sewa Rp 5 juta/bulan membuat harga2 jadi mahal dan tak semua orang bisa berdagang.

    BalasHapus
  12. saat banyak orang mengatakan politron adl produk indonesia yang seharusnya memiliki harga yang JAUH LEBIH MURAH, kenapa merk china tetap jauh lebih murah, bandingkan saja televisi china vs politron... nie link polytron ada harganya http://polytron.co.id/?fuseaction=home.pollydetail&csection=News_Poly_Release&id=636 bandingkan dengan televisi china silahkan anda datang saja ke toko2 televisi terdekat dikota anda dengan merogoh uang 600 -900 ribu, anda bisa membawa pulang televisi china dengan garansi tukar 1 tahun

    BalasHapus
  13. mari kita bandingkan benarkah produk seperti nexxxian memberikan harga murah?
    nexx touch dengan kisaran harga 800 ribuan

    spesifikasi:
    Jaringan : Dual GSM 900/1800MHz; Akses Internet : GPRS/EDGE; Layar : 2.8 inchi QVGA LCD; Kamera : 2 MP (1600 x 1200 pixels); Memori Eksternal : MicroSD; Koneksi : Bluetooth, kabel data; Fitur Lainnya : WiFi, FM Radio, MP3 Player, 3GP Player; 3.5mm Audio Jack, Nexian Digital Sound with SRS Technology, She, Nexian Messenger, Nexian Zone, Social Media, Internet Browser, NMC Player, Yahoo! Messenger, MSN, Skype, Yahoo! Mobile

    dengan nokia
    dengan harga 1jutaan

    sepesifikasi:
    http://www.nokia.co.id/cari-produk/ponsel/nokia-c3-00/spesifikasi

    dengan perbedaan 200 ribuan, kita diberikan
    banyak kelebihan,
    dari garansi sampai spparepart,sampai fasilitas yg familiar dan berkualitas dengan garansi...

    silahkan anda cek dan bandingkan dan buktikan sekalian.....

    dan saya bingung kenapa produk lokal masih terasa mahal bagi manusia seperti saya....

    BalasHapus
  14. http://infoindonesia.wordpress.com/2009/10/06/tata-nano-mobil-seharga-rp-24-juta-us-2-500/
    link posting anda diatas ini menunjukkan dimana barang yang bisa dikategorikan murah..
    bukan seperti ini
    http://polytron.co.id/?fuseaction=home.general&csection=about_us_corporate

    BalasHapus
  15. JAYALAH TERUS INDONESIA!!!!!!!!!!!!!!!!

    SEMANGAT

    BalasHapus
  16. ada yg tau nggk yah..itu belinya di mana..?? (mobil arina) lucu, aq minat bgt

    BalasHapus
  17. Masih banyak lagi sebenarnya produk-produk dalam negeri, Mulai dari produk kebersihan sampai pesawat terbang Indonesia telah mampu membuat. Namun untuk menjadi produk ekonomis, diperlukan dukungan masyarakat Indonesia sendiri.

    BalasHapus
  18. muhammad furqan6 Mei 2012 pukul 00.40

    wah bagus2, kurang di promosikan, tlong promosikan d tlevisi

    BalasHapus
  19. info yang sangat membantu, googling2 cari info ttg apa saja produk dalam negeri ....
    yuk...mari kita cintai produk dalam negeri :D

    BalasHapus
  20. mimsy, teh sosro, (x)sml , zahir, magno, essenza, j.co, indomie, bagteria :) mungkin bisa menambah

    BalasHapus
  21. Bener itu, memang kayaknya kalau kita beli barang elektronik, tulisannya di belakangnya Made In China. Saya punya laptop HP aja tulisannya begitu.

    BalasHapus
  22. produk indonesia no.1 ,,,,,,,,
    kalau bisa produk2 dalam negri di promosikan di media2 .
    agar masyarakat tau kalau indonesia juga mempunyai produk2 yang tidak kalah dari produk2 asing ,,,

    trims ....

    BalasHapus